Jumat, 26 April, 2024

Layanan Disdukcapil Depok Dinilai Mampu Jawab Tantangan Zaman

MONITOR, Depok – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok TM, Yusuf Syahputra, mengatakan layanan mudah dan cepat sangat dibutuhkan masyarakat di masa pandemi seperti sekarang. Salah satu dinas yang dapat menjawab tantangan ini adalah Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok.

“Disdukcapil terus memperbarui sistem pelayanannya. Membuat pelayanan yang memudahkan masyarakat, baik dengan pelayanan whatsapp serta menyiapkan opsi dalam pengambilan dokumen kependudukan,” kata Yusuf Syahputra dalam keterangannya, Selasa (06/04).

Dijelaskannya, Disdukcapil juga berani mengambil langkah birokrasi reformasi dengan mencanangkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Sebagai wakil masyarakat, pihaknya memberikan apresiasi.

“Jika kinerja bagus tentu kami harus mengapresiasi. Sembari terus memberikan masukan-masukan agar pelayanan kedepan semakin baik,” jelasnya.

- Advertisement -

Selain dari sisi pelayanan, sambungnya, Disdukcapil juga membuka saluran pengaduan. Hal itu tentu sangat baik dari sisi pengawasan, bahwa pelayanan kependudukan di Kota Depok gratis dan tidak ada pungutan luar (pungli).

“Depok adalah kota urban yang sangat cepat tingkat pertumbuhan penduduknya. Bagi pemerintah memang butuh usaha lebih keras agar dapat memenuhi standar pelayan terbaik. Harapan saya moto pelayan Disducapil Bersih, Mudah Lancar dapat terealisasi,” tutupnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER