Jumat, 29 Maret, 2024

Jokowi Undang Arsitek Rancang Pradesain Istana Negara Baru

MONITOR, Jakarta – Sepanjang tahun 2020 lalu, Kementerian PUPR mengundang beberapa arsitek dan seniman untuk memberikan masukan dan gagasan mengenai bangunan ikonik di ibu kota negara yang baru.

Presiden Joko Widodo mengakui sejumlah usulan pun masuk untuk perancangan desain Istana Negara. Salah satunya yakni pradesain Istana Negara karya seniman patung kenamaan Nyoman Nuarta.

“Usulan beliau sarat dengan filosofi lambang Burung Garuda sebagai pemersatu bangsa sesuai semboyan Bhinneka Tunggal Ika,” kata Jokowi dalam keterangannya.

“Usulan ini, sekali lagi, masih pada tahap pradesain. Karena itu, saya sangat mengharapkan masukan dari bapak, ibu, dan saudara-saudara semua tentang pradesain Istana Negara ini,” sambung Jokowi.

- Advertisement -

Jokowi pun menginginkan Istana Negara tidak hanya dikenang sebagai tempat Presiden bekerja atau menjadi simbol kebanggaan bangsa, tapi juga mencerminkan kemajuan bangsa.

Banyaknya masukan yang datang, kata Jokowi, akan dijadikan sebagai proses tindaklanjut dengan mengundang kembali para arsitek dan para ahli lainnya untuk melakukan pengkayaan pradesain menjadi basic desain Istana Negara.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER