Jumat, 29 Maret, 2024

Mentan: Potensi Pertanian di Daerah Pesisir Perkuat Kedaulatan Bangsa

MONITOR, Jakarta – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menegaskan sektor pertanian memiliki potensi yang besar menjadi bagian ekosistem pesisir. Penduduk pesisir dapat memanfaatkan potensi pangan non beras yang dapat dikelola di lahan daratan di sekitar wilayah pesisir.

Menurut Syahrul hal ini sangat memungkinkan untuk dikembangkan, karena dukungan sumber daya manusia tersedia dalam jumlah banyak, masyarakat yang tidak sedang bekerja sebagai nelayan dapat diarahkan untuk mengelola lahan pertanian yang ada.

“sektor pertanian dapat dipadukan dengan kegiatan sektor perikanan, bahkan sektor pariwisata juga sangat berpotensi untuk dikembangkan dalam jangka panjang, yang akan dapat menopang terwujudnya ketahanan pangan berkelanjutan,” tegas Mentan dalam kuliah umum Pendidikan Reguler Seskoal Angkatan Ke-59 TA 2021, Jakarta, Kamis (1/4/2021).
 
Mentan memberikan penegasan kedaulatan bangsa menjadi keharusan yang harus kita pertahankan, dan menjadi kewajiban semua pihak. Pembinaan Desa Pesisir Guna Mendukung Ketahanan Pangan Nasional menjadi sangat penting bagi pengembangan sosial, ekonomi, budaya, lingkungan, dan penyangga kedaulatan bangsa.

“Atas dasar hal tersebut pada kesempatan hari ini, Kami Kementerian Pertanian mengajak Saudara sekalian sebagai Pamen, baik yang berlatar belakang TNI maupun Polri, bahkan dari Negara sahabat kita Malaysia, Singapura, Pakistan dan Uni Emirat Arab untuk bekerjasama mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional bahkan Dunia melalui kerjasama pembinaan wilayah desa pesisir,” jelas Mentan.

- Advertisement -

Mentan Syahrul menegaskan Kementan memiliki berbagai program spesifik di wilayah pesisir yang bisa disinergikan ke depan. Terkait upaya mempertahankan Ketahanan Pangan yang telah dilakukan Kementerian Pertanian selama masa Pandemi Covid-19. Kementerian Pertanian mengambil pelajaran berharga selama satu tahun masa pandemi.

“Melalui berbagai terobosan Cara Bertindak (CB) yang telah kami uraikan sebelumnya, hasilnya memperlihatkan berbagai indikator ekonomi menunjukan pertanian tetap tumbuh positif di tengah kontraksi sektor lain. Selama tahun 2020 sektor pertanian menunjukkan kinerja yang mengembirakan,” lanjut Mentan.

Dalam kesempatan ini, Komandan Sekolah Komando Angkatan Laut (Seskoal), Laksamana Muda TNI Iwan Isnurwanto memberikan apresiasi atas kehadiran Mentan SYL, dan berharap wawasan yang disampaikan Mentan dapat diterapkan para perwira siswa yang sedang menjalani masa pendidikan di tempat tugasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER