Rabu, 7 Desember, 2022

Jokowi Kejar ‘Ambon New Port’, Cikal Pelabuhan Terintegrasi di Indonesia Timur

MONITOR, Ambon – Pemerintah menargetkan proyek pembangunan pelabuhan baru di lahan seluas 700 hektare di Ambon, Maluku. Proyek yang selanjutnya disebut Ambon New Port ini direncanakan akan dimulai tahun ini.

Presiden Joko Widodo menyadari keberadaan pelabuhan ini sangat dinantikan sejumlah pelaku usaha perikanan setempat. Sebab, pelabuhan Yos Sudarso sudah mencapai kapasitas maksimum dan butuh adanya pengembangan.

“Pembangunan Ambon New Port akan dimulai tahun ini dan jika lancar, kita harapkan dalam dua tahun bisa selesai,” kata Jokowi saat meninjau Pelabuhan Yos Sudarso, Kamis (25/3/2021) pagi.

Di pelabuhan ini, Jokowi melihat dari dekat pelabuhan di Kecamatan Sirimau yang melayani pelayaran kapal peti kemas dan penumpang.

- Advertisement -

Adapun dalam perencanaan nanti, Ambon New Port akan terintegrasi dengan pelabuhan logistik, pelabuhan perikanan, sekaligus industri perikanan.

“Pelabuhan baru dengan konsep pelabuhan terintegrasi itu akan menjadi pusat pertumbuhan industri pengolahan ikan dan konsolidasi kargo dari wilayah Indonesia Timur,” terang Jokowi.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER