Jumat, 26 April, 2024

Jelang Ramadhan, Wagub DKI: Jangan Coba-coba Nimbun Sembako!

MONITOR, Jakarta – Menjelang bulan Ramdhan dan Idul Fitri, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memastikan stok pangan di Jakarta aman. Wakil Gubenur (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, bahkan mengingatkan masyarakat atau pedagang agar tidak menimbun sembako, sebab bisa menaikan harga nantinya.

Riza Patria mengatakan, dari tahun ketahun setiap ramadhan dan Idul Fitri di Jakarta tak pernah kekurangan sembako.

“Kita tidak pernah kekurangan pasokan sembako. Bahkan pada kejadian krisis ekonomi tahun 1998 ketersediaan sembako di Ibukota tetap aman,” ujarnya dalam acara diskusi virtual yang digelar Koordinatoriat Wartawan DPRD dan Balaikota DKI Jakarta dengan topik Stabilitas Pangan Jelang Ramadhan, Kamis (25/3).

Terkait dengan adanya kenaikan harga saat ramadhan dan Idul Fitri, orang nomor dua di DKI Jakarta ini menyebut hal tersebut sebuah kewajaran asalkan kenaikan harga tersebut masih ditoleransi.

- Advertisement -

“Kalau kenaikan harga 2 dan 3 persen, itu bisa ditoleransi. Tapi kalau kenaikannya melebih itu, kami pemerintah daerah pasti turun langsung untuk mengendalikan harga di lapangan,” tegasnya.

Namun diakui politisi Gerindra ini, ibu-ibu kini sudah dipusingkan dengan meroketnya harga cabe yang tembus Rp 135 ribu perkilo, termasuk daging sapi yang juga Rp 135 ribu. Masyarakat berharap agar pemerintah segera turun tangan menstabilkan harga yang saat ini dipermainkan kalangan tengkulak, pengijon, maupun pedagang.

“Disini lah harus ada peran pemerintah untuk menstabilkan harga tersebut,” terangnya

Sementara Plt Kepala Dinas KPKP DKI Suharini Eliawati, mengatakan, untuk menghindari kelangkaan dan kenaikan harga tersebut, pihaknya bersama instansi terkait, termasuk semua BUMD bidang pangan selalu melakukan koordinasi.

“Ada acara rutin kamisan yaitu setiap Kamis kami membahas progres sembako berikut solusinya,” pungkasnya.

Diskusi yang diikuti 60-an wartawan menghadirkan sejumlah narasumber antara lain Plt Kepala Dinas KPKP DKI Suharini Eliawati, Dirut Perumda Pasar Jaya Arief Nasrudin, Dirut PD Dharma Jaya Raditya Endra Budiman, Dirut PT Food Station Tjipinang Jaya Pamrihadi Wiraryo. Mereka menjamin ketersediaan sembako dari sekarang hingga lebaran dalam kondisi dan warga tidak perlu resah.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER