Pacu Ekonomi Baru, Jokowi Resmikan Bandara Kuabang di Malut

Presiden Joko Widodo meresmikan terminal bandara Kuabang di Halmahera Utara

MONITOR, Halmahera – Masyarakat Halmahera Utara kini memiliki terminal bandara Kuabang setelah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, Rabu (24/3/2021). Lokasi terminal bandara ini terletak di Desa Jati, Kecamatan Kao, Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara.

“Terminal baru ini bisa melayani 160.000 penumpang setiap tahun. Saya mendarat di bandara ini pagi tadi dan langsung meresmikan terminal seluas 3.500 meter persegi yang dibangun dari 2016 lalu,” kata Jokowi di lokasi.

Jokowi menyatakan keberadaan Bandara Kuabang ini siap dipergunakan untuk mendukung aktivitas masyarakat di Kabupaten Halmahera Utara dan sekitarnya.

Sebagaimana diketahui, berdasarkan data dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub), terminal penumpang Bandara Kuabang yang dibangun dengan anggaran APBN sekitar Rp50,82 miliar ini memiliki luas 3.500 meter persegi dan dapat menampung hingga 160 ribu penumpang per tahun.

Dengan adanya bandara ini, Presiden mengharapkan akan memicu perekonomian daerah sekitar.

“Kita harapkan nanti akan muncul titik-titik pertumbuhan ekonomi baru di sekitar bandara ini. Apalagi Kabupaten Halmahera Utara memiliki sejumlah destinasi wisata alam dan bahari yang membutuhkan peningkatan konektivitas tersebut,” pungkasnya.