Sabtu, 27 April, 2024

AstraZeneca Diduga Mengandung Babi, Pemprov DKI: Kami Akan Terima

MONITOR, Jakarta – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memilih tak mau ikut berpolemik terkait penggunaan vaksin astrazeneca yang diketahui mengandung tripsin babi. Pemprov DKI bahkan menyatakan tetap akan memberikan vaksin tersebut kepada warga Jakarta, sesuai dengan arahan kebijakan yang ditetapkan Pemerintah Pusat.

“Apapun vaksin yang disiapkan oleh pusat, kami akan menerimanya dan menggunakannya sebaik mungkin untuk masyarakat Jakarta,” ujar Riza di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat.

Ia meyakini, Pemerintah Pusat pasti sudah mempertimbangkan secara baik melalui pembahasan yang panjang oleh para pakar. Dan kebijakan tersebut harus dilaksanakan pemerintah daerah dalam menyelesaikan virus corona.

“Kalau soal kekhawatiran, namanya pemerintah tentu ingin warganya aman, selamat, sehat, jadi tentu semua sudah melalui proses kajian, penelitian, dan sebagainya,” jelasnya.

- Advertisement -

Dengan begitu, lanjut politikus senior Gerindra ini, tugas Pemprov DKI hanya melaksanakan penyuntikan vaksin ke warga yang menjadi program nasional vaksinasi di wilayah Jakarta.

“Semua instansi terkait pasti melakukan pengecekan, diskusi dengan para ahli, pakar, dan akhirnya apapun yang diputuskan itulah yang terbaik,” imbuhnya.

Diketahui, Majelis Ulama Indonesia (MUI) sudah memberikan fatwa diizinkannya vaksin COVID-19 astrazeneca meski disebut haram lantaran mengandung enzim tripsin babi. Terlebih ketersediaan vaksin COVID-19 corona halal terbatas, sehingga bisa digunakan dalam keadaan darurat.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER