Rabu, 27 Oktober, 2021

Terawan Sebut Vaksin Nusantara Sudah Uji Praklinis ke Hewan

MONITOR, Jakarta – Belum lama ini mantan Menteri Kesehatan, dokter Terawan Agus Putranto, menyatakan vaksin Nusantara yang sedang diteliti oleh timnya sudah dilakukan uji praklinis terhadap hewan. Ini dia sampaikan ketika rapat dengar pendapat bersama Komisi IX DPR, Rabu 10 Maret 2021 kemarin.

Terawan menjelaskan uji praklinis itu dilakukan oleh AIVITA Biomedical, di Amerika Serikat (AS). Berdasarkan keterangan yang dia sampaikan, basis vaksin itu yang merupakan sel dendritik sudah pernah diteliti dan sering digunakan untuk terapi kanker.

“Saya sudah WA-kan hasil uji klinik mengenai vaksin safety dan efikasi oleh pihak ketiga di Amerika karena itu sudah dikerjakan,” terangnya.

Bahkan Terawan menuturkan hasil dari uji praklinis ke hewan yang dilakukan oleh AIVITA Biomedical, sudah dikirimkan kepada Guru Besar Biologi Molekuler Universitas Airlangga (Unair), Chairul Anwar Nidom.

- Advertisement -

“Hasilnya ada kita kan kirimkan vaksin safety dan efikasi pada uji binatang ini juga sudah kita konsultasikan ke Prof Nidom sudah saya kirim,” ujar Terawan.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER