Pemkot Depok Ajak Semua Elemen Dukung Layanan Kesehatan Anak dan Remaja

Kepala Dinkes Kota Depok, Novarita. (dok. Boy Rivalino)

MONITOR, Depok – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) mengajak semua elemen untuk bersinergi memberikan pelayanan kesehatan anak usia sekolah dan remaja. Sebab, dalam pelaksanaannya membutuhkan peran dari masyarakat, petugas kesehatan, maupun sekolah.

“Pelayanan kesehatan anak dan remaja ini dilakukan bersama demi mewujudkan Depok sebagai Kota Layak Anak dan Kota Sehat,” kata Kepala Dinkes Kota Depok, Novarita, Selasa (09/03).

Novarita melanjutkan, pelayanan kesehatan anak dan remaja selama pandemi Covid-19 banyak dilakukan secara daring. Itu menjadi langkah antisipasi penularan Covid-19 di kalangan anak dan remaja.

Dikatakannya, pelayanan kesehatan untuk anak dan remaja dilakukan dalam gedung maupun di luar gedung. Untuk pelayanan dalam gedung meliputi pemeriksaan kesehatan, konseling pendidikan, serta keterampilan hidup sehat. Pelaksanaannya sendiri melibatkan petugas Puskesmas dan sekolah.

Kemudian, sambung Novarita, untuk pelayanan di luar gedung di antaranya pembinaan kesehatan sekolah, pemberian tablet tambah darah bagi remaja putri. Serta pelaksanaan Posyandu Remaja (Posmaja).

“Pelayanan kesehatan ini tetap dilakukan tentunya disesuaikan dengan lingkungan sekitar. Selain juga dimodifikasi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Ini juga membutuhkan peran masyarakat,” pungkasnya.