Jubir Vaksinasi: Vaksin Covid-19 Efektif Tangkal Varian Baru B117

Juru bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan, dr. Siti Nadia Tarmidzi, M.Epid/ dok: Liputan6

MONITOR, Jakarta – Ditemukannya mutasi virus Covid-19 dengan varian B117 menuai perhatian banyak kalangan. Pasalnya, varian baru ini muncul ketika pemerintah sedang menggalakkan vaksinasi Covid-19.

Juru bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan, dr. Siti Nadia Tarmidzi, M.Epid pun menyatakan vaksin Covid-19 yang kini digunakan masih efektif untuk menangkal mutasi virus COVID-19.

“Sampai saat ini belum ada penelitian ataupun bukti ilmiah yang menunjukkan vaksin yang telah diproduksi dan telah digunakan di berbagai belahan dunia tidak bisa melindungi kita dari virus varian baru ini. Vaksin yang digunakan dalam upaya kita melakukan penanggulangan pandemi covid 19 masih sangat efektif,” kata dr. Nadia.

Ia menjelaskan karakteristik dari varian B117 ini lebih cepat menular. Kendati demikian, menurutnya WHO belum mendapatkan laporan bukti bahwa virus mutasi covid-19 ini lebih tinggi tingkat keganasannya.

Terkait dengan penambahan empat kasus baru konfirmasi mutasi virus Covid-19 B117, dr Nadia menyampaikan bahwa keempatnya dalam keadaan sehat, tidak ada yang diindikasikan mengalami gejala berat.

Lebih lanjut ia menjelaskan, sampai saat ini hasil pelacakan kasus terhadap kontak erat dan keluarga juga dinyatakan tidak ada yang memiliki gejala mengarah ke COVID-19.

“Kami sampaikan kembali keempat kasus dengan varian B117 ini saat ini sudah sembuh. Mereka sudah menjalani pengobatan dan tatalaksana, semuanya mengalami gejala ringan dan sedang dan hanya melakukan isolasi secara terpusat di tempat-tempat isolasi dan memang ada yang dirawat di rumah sakit tapi dengan kondisi yang ringan sedang,” terangnya.