Jokowi Dorong BPPT Aktif Berburu Inovasi dan Teknologi

Presiden RI Joko Widodo

MONITOR, Jakarta – Presiden Joko Widodo menekankan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) aktif berburu inovasi dan teknologi untuk pengembangan lebih lanjut. Dimana, Indonesia memiliki kekayaan sumber daya alam yang melimpah.

Menurut Jokowi, jika kekayaan alam ini dimanfaatkan maka dapat menunjang kesejahteraan hidup masyarakat Indonesia.

“Ada ribuan peneliti di pemerintahan dan swasta, serta para inovator lain di tengah masyarakat, yang memiliki banyak temuan yang bisa dikembangkan lebih lanjut, bahkan sampai tahap komersialisasi. Selama pandemi ini misalnya, akselerasi inovasi bisa kita lihat di bidang kesehatan seperti ventilator untuk perawatan pasien Covid-19 atau alat uji GeNose yang mulai digunakan di lokasi-lokasi padat interaksi,” kata Jokowi di Istana Negara, Senin (8/3/2021).

Selain itu, Kepala Negara juga mendorong agar BPPT harus mampu memiliki jejaring luas dan menjadi lembaga akuisisi teknologi maju dari manapun, selama belum bisa diproduksi di dalam negeri.

BPPT juga diharapkan dapat turut ambil bagian dalam pengembangan kecerdasan buatan dan menjadi pusat kecerdasan teknologi Indonesia.
“Di era informasi saat ini, penguasaan terhadap teknologi kecerdasan buatan amat krusial untuk memenangkan persaingan,” tandas Jokowi.