Politisi Senior Max Sopacua Bongkar Terpilihnya AHY Settingan SBY

Salah satu pendiri partai Demokrat, Max Sopacua/ dok: Republika

MONITOR, Jakarta – Salah satu pendiri partai Demokrat, Max Sopacua, menginggung sejak awal terpilihnya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Ketua Umum Partai Demokrat merupakan settingan.

Bahkan sebelum kongres diadakan, Max ‘mengendus’ rencana Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk menjadikan putra sulungnya satu-satunya calon ketua umum saat itu.

“Kita tahu bagaimana indikasi SBY sudah merancang AHY untuk jadi ketum,” ujar Max Sopacua, dalam talkshow Mata Najwa, Rabu (3/3/2021) malam.

Pendukung KLB Partai Demokrat ini juga mempertanyakan anggapan yang menegaskan bahwa terpilihnya AHY sebagai ketum berasal dari keinginan kader.

“Sebelum kongres dilakukan, kita sudah tahu AHY calon tunggal. (Darimana) permintaan kader dari bawah? Dari Hongkong?” tandas Anggota DPR RI dua periode ini.

Mantan Wakil Ketua Umum Partai Demokrat menegaskan, pencalonan caketum Demokrat pada 2020 lalu sempat dilakukan secara terbuka. Namun ketika sudah ada 2000% yang mendukung AHY, maka ditutuplah pencalonan caketum itu.