Jumat, 12 Juli, 2024

Optimalisasi Pelayanan, Ini Sederet Inovasi Canggih PT Jasa Marga

MONITOR, Jakarta – Memasuki era yang semakin modern dan dinamis tentunya dunia sangat cepat berubah. Sebagai dampaknya, masalah dan tantangan yang dihadapi oleh penduduk di berbagai belahan dunia juga semakin rumit.

Apalagi dimasa pandemi Covid-19 yang belum pasti akan berakhir dalam waktu dekat ini, semua pihak di semua sektor pun dituntut untuk melakukan inovasi dan transformasi demi mengoptimalkan pelayanan terhadap pelanggannya.

Dewasa ini, Inovasi memang menjadi sebuah tameng tersendiri bagi setiap sektor, mengingat perkembangan ekonomi yang harus terus bergerak.

Menjawab semua tantangan tersebut, sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Indonesia yang bergerak di bidang penyelenggara jasa jalan tol, dengan kompetensi dan kinerja terbaiknya PT Jasa Marga (Persero) Tbk berharap bisa memberikan yang terbaik untuk Indonesia, salah satunya melalui inovasi dan transformasi.

- Advertisement -

Tidak hanya itu, untuk mewujudkan visi menjadi perusahaan jalan tol nasional terbesar, terpercaya dan berkesinambungan, PT Jasa Marga terus konsisten melakukan berbagai inovasi untuk menghadapi tantangan ke depan yang diyakini akan semakin berat.

Direktur Utama PT Jasa Marga, Subakti Syukur mengatakan bahwa PT Jasa Marga terus bertahan dan terdepan hingga saat ini tak lepas dari semua pihak yang telah bekerja keras selama ini dalam menjaga positif untuk kemajuan perusahaan.

“Alhamdulillah kita bisa melewati tahun 2020 yang cukup berat akibat dampak pandemi Covid-19 yang memberikan tekanan luar biasa, bagi PT Jasa Marga. Namun demikian PT Jasa Marga telah melakukan berbagai upaya dalam menjaga perseroan,” ujar Subakti, di acara Virtual Roadster Festival,43 Tahun Jasa Marga, Senin (1/3/2021).

Mengawali tahun 2021 ini, tepat 1 Maret PT Jasa Marga (Persero) Tbk memasuki usia ke-43. Mengusung tema “Transformasi dan Inovasi untuk Indonesia Maju” Subakti berharap, hal tersebut diharapkan bisa menjadi katalis lahirnya inovasi-inovasi baru lainnya, mengakselerasi pengembangan teknologi dan meningkatkan pelayanan yang lebih baik bagi ke depannya bagi seluruh stakeholder PT Jasa Marga.

“Mari kita bersama-sama berinovasi mengawal proses transformasi semoga apa yang direncanakan ke depan dapat terealisasi sesuai target, sehingga PT Jasa Marga dapat semakin maju dan memberikan kontribusi yang maksimal bagi pengembangan infrastruktur jalan tol, peningkatan konektivitas, kualitas SDM, serta pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan bangsa Indonesia,” ungkap Subakti.

Konsisten dalam Transformasi

Berkontribusi menumbuhkan ekonomi bangsa, PT Jasa Marga hadir dan terus berupaya melakukan transformasi dengan berbagai tujuan, perubahan, dan peningkatan, salah satunya kemajuan teknologi .

Sementara itu, Corporate Secretary PT Jasa Marga, M. Agus Setiawan menyatakan, PT Jasa Marga mengedepankan berbagai upaya terobosan yang solutif untuk semua lini bisnis. Sebagai wujud nyata, dalam perayaan HUT ke-43 kali ini, PT Jasa Marga telah meresmikan sejumlah inovasi yang salah satunya dibangun dan dikembangkan oleh Roadster PT Jasa Marga (sebutan untuk para karyawan Jasa Marga Group), di antaranya:

1. Internet of Things Laboratory

IoT Laboratory (Foto: Istimewa)

Internet of Things Laboratory atau yang disingkat dengan (IoT) Laboratory merupakan pusat riset dan pengembangan inovasi untuk mendukung bisnis perusahaan jalan tol masa depan di era 4.0.

Selain itu, PT Jasa Marga juga meluncurkan modul learning terbaru Gamification, yaitu metode modul pembelajaran yang dikemas dalam bentuk game digital berupa snake ladder yang dikembangkan internal oleh Roadster PT Jasa Marga.

“Diharapkan ke depannya, Roadster PT Jasa Marga selalu memiliki talenta terbaik dengan learning agility yang tinggi, sebagai calon pemimpin masa depan, baik di PT Jasa Marga maupun di luar PT Jasa Marga Group,” ujar Agus.

Sebagai media pengembangan teknologi, IoT juga ditujukan untuk mengembangkan beragam pelayanan digital seperti transaksi Tol, keamanan, pengelolaan antisipasi kendaraan ODOL, traffic monitoring system, social media comment center, dan lain sebagainya.

2. Aplikasi Travoy 3.0

Ilustrasi Aplikasi Travoy 3.0

Sebagai bentuk peningkatan pelayanan kepada pengguna jalan dan wujud nyata komitmen PT Jasa Marga dalam melakukan continuous improvement dan inovasi di bidang teknologi, Travoy 3.0 hadir sebagai asisten digital untuk membuat perjalanan di jalan tol lebih aman dan nyaman.

Dengan fitur, Tarif Tol, Layanan Call Center 14080, Daftar SPBU, Rest Area, Panic Shake, Derek Online, dsb yang akan terus dikembangkan.

Lebih canggihnya lagi, aplikasi Travoy 3.0 juga dilengkapi berbagai fitur seperti perencanaan mudik hingga informasi tempat makan di sekitar jalan bebas hambatan.

Fitur lengkap dan canggih Travoy 3.0 pun telah diapresiasi oleh berbagai pihak dan sejumlah pengguna jalan tol.

Sebut saja Rizki, salah satu pengguna jalan tol yang kebetulan hendak melakukan perjalanan ke luar kota, Tegal, Jawa Tengah menggunakan kendaraan mobil. Ia mengaku, ketika mengetahui aplikasi Travoy 3.0 dari temannya ia langsung mencobanya.

“Aplikasi Travoy 3.0 sangat membantu sekali, di perjalanan merasa aman karena tidak perlu khawatir jika tiba-tiba ada masalah dengan mobil, bahkan fitur-fiturnya juga lengkap pokoknya aman dan nyaman di perjalanan,” ungkapnya.  

3. Jasa Marga Toll Road Command Center (JMTC)

Jasa Marga Toll Road Command Center (Foto: Dok Jasa Marga)

Inovasi teknologi yang tidak kalah canggihnya, yaitu JMTC. Berfungsi sebagai pusat pengendali lalu lintas yang berbasis pada Intelligent Transportation System. Sebagai wujud komitmen PT Jasa Marga dalam menghadirkan pelayanan yang lebih optimal kepada pengguna jalan tol.

Selama 24 Jam, JMTC akan terus mendampingi perjalanan pengguna di seluruh jalan tol PT Jasa Marga Group agar tetap aman dan nyaman. Melalui JMTC PT Jasa Marga juga akan berkoordinasi dengan para stakeholder (Korlantas Polri, Kementerian Perhubungan, dan Kementerian PUPR) untuk pengambilan keputusan rekayasa lalu lintas serta penegakan hukum berbasis IT di jalan tol.

Selain mengoptimalkan semua layanan, menyambut HUT ke-43 melalui Virtual Roadster Festival, PT Jasa Marga juga menghadirkan berbagai penghargaan yang diharapkan memberikan motivasi yang lebih besar kepada seluruh Roadster Jasa  Marga.

Penghargaan tersebut di antaranya, operasional jalan tol dan rest area terbaik yang diselenggarakan oleh anak usaha PT Jasa Marga yaitu PT Jasamarga Tollroad Operator, PT Jasamarga Tollroad Maintenance dan PT Jasamarga Related Business, Best Learner Award 2021, Jasa Marga Innovation Award 2021 serta AKHLAK Award 2021.

Itulah sederet inovasi dalam bidang teknologi dan operasional jalan tol yang terus dikembangkan, sebagai perusahaan yang memegang kepemilikan jalan tol terbesar di Indonesia, PT Jasa Marga akan terus berinovasi dan transformasi menjadi perusahaan modern dan untuk Indonesia Maju.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER