Anies Ajak Semua Pihak Kolaborasi Hadapi Pandemi dan Bencana

Dialog Publik bertajuk 'Membangun Partisipasi Aktif Warga Dalam Preventif Kesehatan' yang digelar secara virtual

MONITOR, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengajak semua semua pihak untuk terus meningkatkan kolaborasi menghadapi pandemi dan bencana saat ini, demi menurunkan kasus penyebaran COVID-19.

Seruan ini dilontarkan Anies dalam acara Dialog Publik bertajuk ‘Membangun Partisipasi Aktif Warga Dalam Preventif Kesehatan’ yang digelar secara virtual dalam rangka Milad ke-9 Rekan Indonesia (Relawan Kesehatan Indonesia), Sabtu (27/2) di Ballroom Hotel Grand Cempaka, Jakarta Pusat.

“Menyambut Milad ke-9 dari Relawan Kesehatan Indonesia, kami mengapresiasi kegiatan sosial donor darah serta dialog publik secara virtual terkait advokasi pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang kurang mampu,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Anies juga menyampaikan apresiasinya kepada para tenaga kesehatan, baik tenaga profesional maupun relawan, yang telah bekerja keras membantu sesama di tengah pandemi COVID-19.

“Peran tenaga kesehatan (nakes) sangat vital sebagai garda terdepan. Tugas mereka sangat berat, terlepas dari status sebagai tenaga profesional maupun relawan. Mereka adalah pahlawan bagi semua,” tegas Anies.

Selain Dialog Publik hajat Milad ke-9 Rekan Indonesia ini juga diisi dengan penganugerahan Rekan Indonesia Award 2021 kepada instansi, media, dan individu.

Untuk kategori instansi Rekan Indonesi Award 2021 diberikan kepada RSPP Fatmawati Nasional, RSUD Pasar Minggu, RSUD Cengkareng, PT. Jakarta Tourisindo, PT. Bank DKI dan PT. Jakpro.

Untuk media, penghargaan diberikan kepada Pimpinan Redaksi Beritajakarta.id dan Cakawarta.com Jawa Timur. Kemudian untuk individu diberikan kepada Tiana Hermawan (Ketua KPW Rekan Indonesia DKI Jakarta) dan Susiyanto (Ketua KPW Rekan Indonesia Banten).

Anies mengucapkan selamat kepada para Penerima Rekan Indonesia Award 2021. Ia berharap 10 (sepuluh) penerima awards ini terus memacu semangat mengabdi kepada masyarakat.

“Diharapkan para penerima awards meningkatkan perhatian dalam memberikan bantuan kepada sesama yang terdampak bencana,” tuturnya.

Untuk diketahui, Rekan Indonesia didirikan pada 10 Desember 2012 untuk menghimpun dan mengkonsolidasikan relawan-relawan kesehatan di Indonesia.

Tujuan umumnya mewujudkan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945 sebagaimana dimaksud dalam Pembukaan UUD 1945. Yakni Membangun Masyarakat Pancasila dalam NKRI yang sehat, cerdas, demokratis, adil dan makmur.

Tujuan khususnya menghimpun, membangun, dan menjaga semangat serta ketulusan perjuangan relawan yang berbasis kemasyarakatan. Selain itu memperjuangkan kepentingan masyarakat di bidang kesehatan dan mengawal program peningkatan derajat kesehatan masyarakat Indonesia.

Adapun Rekan Indonesia Award, merupakan bentuk apresiasi dari Rekan Indonesia kepada instansi, lembaga, dan individu yang dinilai sangat peduli terhadap isu-isu kesehatan.

Rekan Indonesia Award diselenggarakan setiap tahun bertepatan dengan ulang tahun Rekan Indonesia pada 10 Desember. Namun, karena kendala pandemi COVID-19, maka pada tahun 2020 pelaksanaan pemberian Rekan Indonesia Award dilaksanakan 23 Februari 2021.