TNI AU dan RSAF Sepakat Tingkatkan Kerja Sama

TNI AU dan RSAF juga membahas rencana perayaan 40 tahun hubungan persahabatan

Pesawat Tempur Eurofighter Typhoon Austria. (Markus Zinner/Bundesheer)

MONITOR, Jakarta – Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau), Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, mengungkapkan bahwa TNI AU dan Republic Of Singapore Air Force (RSAF) akan terus meningkatkan kerja sama khususnya di bidang latihan dan pendidikan serta hubungan persahabatan yang lebih baik pada masa mendatang.

Hal tersebut disampaikan Kasau saat menerima Chief Of Air Force (CAF) RSAF Major General Kelvin Boon Leong Khong melalui video telekonferensi dari Mabesau, Cilangkap, Jakarta (25/2/2021).

Lebih lanjut, Kasau mengatakan, TNI AU dan RSAF sepakat merencanakan menggelar kegiatan latihan bersama, guna meningkatkan keterampilan dan profesionalisme penerbang dari kedua negara pada latihan Latma Elang Indopura yang menurut rencana akan dilaksanakan di Oktober 2021 ini.

“Pada kesempatan itu, TNI AU dan RSAF juga membahas rencana perayaan 40 tahun hubungan persahabatan, yang sedianya dilaksanakan tahun lalu dengan format yang aman,” demikian keterangan tertulis Dinas Penerangan Angkatan Udara (Dispenau), Jakarta, Jumat (26/2/2021).

Dalam kesempatan tersebut, KSAU dan CAF RSAF juga bersepakat angkatan meningkatkan kerja sama lainnya, yaitu menyasar pada pendidikan dan hubungan persahabatan yang lebih baik pada masa mendatang.

Kedua pejabat Angkatan Udara itu juga berkesempatan membahas tentang perkembangan program vaksinasi nasional Covid-19 yang saat ini mulai berjalan antar kedua negara.