Pemprov DKI Bakal Tindak Tegas Kafe ‘Nakal’ Pelanggar PPKM

Ilustrasi kafe dan restauran di Jakarta/ dok: detik

MONITOR, Jakarta – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memastikan akan menindak keberadaan kafe yang melanggar PPKM Mikro. Ini menyusul adanya insiden penembakan di Kafe di Kawasan Cengkareng, Jakarta Barat.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria tak menampik banyak kafe-kafe ‘nakal’ yang tetap beroperasi dan menabrak aturan di masa PPKM mikro ini. Bahkan, Riza mengakui para pengusaha kafe kerap mengelabui petugas.

“Jadi memang kami dapat informasi ada temapt-tempat yang mencoba mensiasati PPKM mikro. Mereka awalnya tutup pukul 21.00 WIB. Namun setelah itu mereka kembali beroperasi pukul 24.00 WIb hingga menjelang pagi,” ungkap Riza Patria, Jumat (26/2/2021).

Untuk menghetikan aksi-aksi mengibuli aparat seperti ini, Riza menegaskan pihaknya akan melakukan tindakan tegas.

“Pemilik kafe yang menyiasati aparat yang begini nanti kita beri sanksi yang lebih berat lagi, berati merrka punya niat yang tidak baik kami sudah perintahkan jajaran untuk melakuan pengecekan,” tegasnya.

Namun, Ketua Gerindra Jakarta ini mengakui adanya keterbatasan aparat. Untuk itu, pihaknya mohon dukungan dari masyaakrat. “Kami minta dukungan siapapun termasuk teman-temen media tinggal di WA atau di SMA mau langsung ke Pak Gubernur, Wagub, Polisi, Walikot atau Satpol PP silahkan. Siapa saja ke publik juga boleh difoto nanti kita akan tindak,” imbuhnya.

Terkait sanksi yang akan dikenakan, menurutnya hal tersebut akan dilakukan berdasarkan aturan yang ada. “Mengacu aturan, sanksi diberikan mulai dari sanksi teguran sampai pencabutan izin. Semua sanksi ada tahapannya,” pungkasnya.