Jumat, 29 Maret, 2024

Pasca Banjir, Pertamina Pastikan Distribusi BBM dan LPG Aman

MONITOR, Karawang – Pasca bencana banjir yang melanda di akhir pekan lalu, PT Pertamina (Persero) melalui Regional Jawa Bagian Barat memastikan pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) di wilayah Jakarta dan sekitarnya, termasuk Kabupaten Karawang, Jawa Barat aman. Distribusi dilakukan menggunakan mobil tangki dari Integrated Terminal Jakarta di Plumpang, Jakarta Utara serta Fuel Terminal Cikampek, Kabupaten Karawang.

Namun dikarenakan alasan keamanan dan keselamatan, terdapat beberapa Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang operasionalnya dihentikan sementara sembari berlangsungnya proses pembersihan dan pengecekkan sarana dan fasilitas.

“Dari sekitar 1200 SPBU di wilayah Jakarta dan Jawa Barat, terdapat tiga SPBU di Kabupaten Karawang serta satu SPBU di Jakarta Selatan yang sementara belum beroperasi kembali karena alasan keamanan dan keselamatan. Hal ini diakibatkan genangan air yang cukup tinggi sekitar 30 sampai 40 cm di sekitar SPBU pada akhir pekan lalu,” jelas Unit Manager Communication, Relations & CSR Regional Jawa Bagian Barat, Eko Kristiawan.

Adapun SPBU yang untuk sementara belum beroperasi diantaranya:

- Advertisement -
  1. SPBU 34.41308 di Tanjung Pura, Kabupaten Karawang.
  2. SPBU 34.41344 di Jalan Pangkal Perjuangan, Kabupaten Karawang.
  3. SPBU 34.41317 di Jalan Raya Rawabagus, Kabupaten Karawang
  4. SPBU 34.12510 di Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan.

“Tentunya jika kondisi sudah aman untuk operasional, SPBU akan segera beroperasi normal kembali. Kami juga turut menghimbau masyarakat agar selalu waspada dan mengutamakan keselamatan dan tentunya juga mematuhi protokol kesehatan selama diperjalanan,” ungkapnya.

Eko menambahkan, Pertamina turut memberikan informasi alternatif layanan SPBU terdekat bagi masyarakat yang ingin melakukan pengisian bahan bakar.

Untuk Kabupaten Karawang, masyarakat yang melintas di sekitar area Tanjungpura dapat memperoleh pasokan BBM Pertamina di SPBU 34.41310 Telukjambe, SPBU 34.41328 Exit Karawang Barat, dan SPBU 34.41349 di Jalan Jenderal Ahmad Yani. Sedangkan untuk masyarakat yang melintas di Jalan Raya Rawabagus, Kabupaten Karawang, dapat memperoleh BBM di SPBU 34.41352 di Jalan Surotokunto, SPBU 34.41348 di Jalan Wirasaba, dan SPBU 34.41324 di Jalan Syah Quro.

Selain itu, khusus masyarakat yang melintas di Jalan TB Simatupang, Ragunan, Jakarta Selatan dapat memperoleh BBM di SPBU terdekat yakni SPBU 34.12512 di Jalan Warung Jati Barat, SPBU 34.12103 di Jalan TB Simatupang, serta SPBU 34.12507 di Jalan Cilandak KKO. 

“Kejadian bencana banjir seperti ini telah kami antisipasi dengan mencari alternatif rute mobil tangki yang aman, berkoordinasi dengan SPBU terkait penambahan suplai ke SPBU regular terdekat. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir akan kesulitan mendapatkan BBM,” tambah Eko.

Pertamina tetap menyiagakan agen dan pangkalan LPG yang siaga untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Untuk informasi produk dan layanan Pertamina, masyarakat dapat menghubungi Pertamina Call Center 135.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER