Wagub Klaim Banjir Jakarta Cepat Surut Dibanding Daerah Lain

Wakil Gubernur DKI Jakarta A RIza Patria

MONITOR, Jakarta – Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengklaim kinerja Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam penanganan banjir lebih baik ketimbang kota-kota lain di Indonesia. Sebagai buktinya, Ketua DPD Partai Gerindra Jakarta ini menyebut meski digenangi air namun di Jakarta genangan bisa cepat surut.

“Yang terkena banjir sebenarnya bukan hanya Jakarta tapi banyak wilayah di Pulau Jawa. Tapi kita yang ada di Jakarta patut bersyukur karena meski sebagian wilayah yang terkena banjir. Tapi airnya cepat surut,” ujarnya Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (23/2/2021).

Ia pun merasa berbangga hati karena banjir tahun ini diklaim tertangani dengan baik. Kata dia, banjir di Jakarta bukan hal tabu, mengingat Ibu Kota berada di daratan rendah.

“Kita bersyukur di Jakarta, sekalipun Jakarta dataran rendah dan sumber banjir ada di hujan lokal, hulu, bandang dan rob kita dapat mengendalikan banjir secara baik berkat dukungan segala pihak,” ungkapnya.

Orang nomor dua di Jakarta itu menjelaskan, keberhasilan penanganan banjir tahun ini tidak terlepas dari kerja keras Pemprov DKI mengeksekusi berbagai program pengendalian dari jauh-jauh hari.

“Program yang sudah dilaksanakan dan terus dilakukan seperti normalisasi, naturalisasi, sumur resapan dan peningkatan pompa air yang jumlahnya sudah mencapai 729. Kita juga meningkatkan RTH (Ruang Tebuka Hijau), termasuk di DKI kita satu tahun terakhir ini meningkatkan daya tampung air dengan gerebek lumpur,” tuturnya.

Menurutnya, penyebab banjir yang terjadi pada akhir pekan lalu terjadi lantaran hujan dengan intensitas tinggi mencapai kurang lebih 226 milimeter. Sementara daya tampung drainase hanya 50 sampai 100 milimeter. Banjir juga terjadi akibat air kiriman dari Jawa Barat.