Bea Cukai Jambi Gagalkan Penyelundupan 53 Ribu Benur

“Informasi yang kami duga itu adalah rokok ilegal”

Benih lobster atau benur. (www.agrina-online.com)

MONITOR, Jambi – Bea Cukai Jambi berhasil menggagalkan penyelundupan 53.290 ekor benih lobster atau benur senilai Rp5,3 miliar di Jalan Lintas Jambi-Palembang yang hendak diselundupkan ke Malaysia melalui jalur perairan barat dan timur Provinsi Jambi.

Kepala Bea Cukai Jambi, Ardiyanto, mengungkapkan bahwa kasus itu terungkap berdasarkan laporan akan ada aksi pengiriman rokok ilegal dari Palembang, Sumatera Selatan, menuju Jambi. Namun saat diperiksa petugas, ternyata isi mobilnya ada 12 boks styrofoam berisikan benih lobster.

“Kami melakukan pemeriksaan mobil dan informasi yang kami duga itu adalah rokok ilegal dilihat dari kemasannya namun dalam perjalanan waktu ternyata barang bukti adalah benih lobster,” ungkapnya kepada wartawan di Jambi, Selasa (23/2/2021).

Namun, Ardiyanto mengatakan, Petugas Bea Cukai Jambi tidak berhasil menangkap para pelaku karena telah melarikan diri dan hanya menyita barang bukti benih lobster dan kendaraannya saja.

“Sepertinya mereka sudah mengetahui kalau kami sedang mengawasi aktivitasnya, sehingga pengemudinya langsung meninggalkan mobilnya berikut dengan barang bukti yang kami duga rokok ternyata adalah benih lobster sejumlah 53.290 ekor yang berhasil diamankan,” katanya.

Mendapat tangkapan tersebut, lanjut Ardiyanto, pihak Bea Cukai Jambi langsung berkoordinasi dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI melalui Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu (BKIPM) Jambi.

Kepala Seksi (Kasi) Informasi dan Data BKIPM Jambi, Paiman, menjelaskan bahwa berdasarkan dari surat edaran Ditjen Perikanan KKP bahwa aktivitas ekspor dibekukan terlebih dahulu sampai batas yang tidak ditentukan.

Dari tangkapan tersebut, lanjut Paiman, berjumlah 53.290 ekor benih lobster, apabila dijual diperkirakan bisa mencapai Rp5,3 miliar.

“Benih lobster ini akan dibawa keluar negeri, tujuan akhirnya itu negara Vietnam melalui Malaysia karena untuk saat ini Vietnam itu telah berhasil membudidayakan secara besar-besaran, dalam hal ini sampai budidaya sampai bisa konsumsi tapi sebelum itu biasanya ke Singapura dari Jambi biasanya keluarnya bisa lewat Tanjung Jabung Barat atau dari Tanjung Jabung Timur,” ujarnya.

“BKIPM Jambi dalam waktu dekat ini, secepatnya benih Lobster tersebut akan segera di lepas liarkan di perairan Sumatera Barat,” ungkap Paiman menambahkan.