Minggu, 14 April, 2024

Demokrat Bantah SBY ‘Ngemis’ Dana Hibah Pembangunan Museum

MONITOR, Jakarta – Proyek pembangunan museum megah SBY-Ani di Pacitan, Jawa Timur, mengundang beragam kritik dan pertanyaan publik. Ditengah pandemi, Pemerintah Kabupaten Paciran justru mengalokasikan dana sebesar Rp9 miliar untuk proyek tersebut.

Dugaan mantan Presiden Keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meminta dana hibah pembangunan museum pun menjadi sorotan. Namun anggapan tersebut buru-buru ditepis oleh Ketua Dewan Kehormatan Demokrat, Hinca Panjaitan.

Hinca menegaskan bahwa SBY tidak pernah meminta sepeserpun dana hibah Pemkab Pacitan untuk proyek pembangunan museum megah SBY-Ani. Sebaliknya, Pemerintah Provinsi Jawa Timur justru yang mengalokasikan hibah APBD Jatim sebesar Rp9 miliar melalui Pemkab Pacitan.

Dana tersebut, dijelaskan Hinca, akan dialokasikan khusus pembangunan museum tersebut.

- Advertisement -

“Bantuan yang diserahkan Pemprov Jatim adalah bantuan keuangan khusus kepada Pemkab Pacitan untuk pembangunannya Museum SBY-Ani,” terang eks Sekjen DPP Demokrat ini, Kamis (18/2/2021).

Lebih jauh Hinca menyatakan, pemberian dana hibah ini semata-mata bentuk kepedulian Pemprov Jatim terhadap sektor pariwisata.

“Tak ada sedikitpun permintaan dari pihak Bapak SBY, ini murni kepedulian Pemprov dalam rangka mendukung sektor pariwisata,” tegasnya.

Sebagai informasi, pembangunan Museum SBY-Ani di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, jadi sorotan netizen di media sosial. Sebelumnya, beredar kabar adanya pembiayaan pembangunan museum yang berlokasi di Jalan Lingkar Selatan, Ploso, itu juga dibantu oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur sebesar Rp 9 miliar.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER