Jumat, 26 April, 2024

Jadi Rujukan Pertama, Ribuan Pedagang di Pasar Tanah Abang Divaksin

MONITOR, Jakarta – Hari ini pemerintah melakukan penyuntikan vaksin Covid-19 tahap kedua. Di Jakarta, penyuntikan tahap dua ini dilakukan kepada ribuan pedagang. Walhasil, pedagang Pasar Tanah Abang mendapat rujukan pertama dalam proses pemberian vaksin Covid-19 tahap dua ini.

Dalam pemberian vaksin kali ini, Pemprov DKI Jakarta menyebut ada sebanyak 9.791 pedagang yang akan menerima vaksin. Mereka tersebar di 153 pasar di kawasan ibu kota.

“Vaksinasi tahap kedua sudah dimulai hari ini, Rabu (17/2), kepada pedagang di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. Setelah disini, nanti akan ada pasar-pasar berikutnya,” terang Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, di Pasar Tanah Abang, Rabu (17/2).

Dikatakan Anies, dari 9.791 pedagang pasar, dalam sehari ada 1.500 orang yang menerima vaksin. Adapun pelaksanaannya dilakukan kurun waktu sampai 6 hari.

- Advertisement -

Mantan Menteri Pendidikan ini mengatakan, program vaksinasi para pedagang pasar ini kerja bersama antara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

“Harapannya nanti semua pekerja di pusat perdagangan akan bisa mendapatkan vaksin mulainya dari Tanah Abang,” jelasnya.

Dalam pemberian vaksin, ada sekitar 150 petugas medis vaksin COVID-19 atau vaksinator yang diamanatkan untuk melakukan pemberian vaksin kepada para pedagang. Proses penyuntikan vaksin COVID-19 memakan waktu hingga 1 jam. Dari mulai pendaftaran sampai pemberian vaksin virus corona itu.

“Prosesnnya ada registrasi, ada screening, screening kesehatan, kemudian vaksinasi, kemudian sesudah itu tunggu sebentar dipastikan aman baru 30 menit kemudian bisa keluar,” terangnya.

Lanjut Anies, pelaksanaan vaksinasi pedagang di Pasar Tanah Abang ini akan menjadi rujukan pemerintah dalam melanjutkan vaksinasi terhadap pelayan publik dan pekerja publik lainnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER