Ini Pesan Eks Danjen Kopassus ke Petembak Kodam Kasuari

“Kalian adalah prajurit pilihan maka manfaatkan peluang ini”

Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, saat memberikan arahan kepada para petembak jajarannya di lapangan tembak pistol Kodam XVIII/Kasuari di Manokwari, Papua Barat, Senin (15/2/2021). (Pendam XVIII/Kasuari)

MONITOR, Manokwari – Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, meminta kepada para petembak di jajarannya untuk memiliki niat, tekad dan latihan yang keras sehingga bisa menjadi petembak yang hebat.

Hal itu diungkapkan oleh mantan Danjen Kopassus tersebut kepada 16 Petembak Kodam XVIII/Kasuari yang sedang berlatih menembak di lapangan tembak pistol Kodam XVIII/Kasuari di Manokwari, Papua Barat, Senin (15/2/2021).

“Untuk itu, saya minta jaga keamanan, fokus, tidak boleh melamun selama melaksanakan kegiatan karena bermain senjata api ini kita butuh konsentrasi. Saling mengingatkan dan prosedur di lapangan tembak harus dilaksanakan dengan baik. Sekali lagi, kalian adalah prajurit pilihan maka manfaatkan peluang ini,” ungkap Cantiasa dalam keterangan tertulis, Jakarta, Senin (15/2/2021).

Lebih lanjut, Cantiasa mengatakan bahwa dirinya mempunyai misi untuk menjadikan para Prajurit Kodam XVIII/Kasuari profesional, yang salah satunya adalah membangun Sumber Daya Manusia (SDM) dengan menggali dan mengasah kemampuan dan keterampilan, salah satunya dalam hal menembak.

“Kita siapkan kaderisasi petembak. Dari sekian prajurit, kalian yang terpilih dan memenuhi syarat. Oleh karena itu, saya minta kalian untuk menimba ilmu dengan baik, karena kita butuh petembak-petembak yang hebat, baik untuk kepentingan Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP) juga bagi kebutuhan lomba-lomba tembak lainnya. Salah satu pengaruh dalam menembak adalah lingkungan atau lapangan tembak, yakni infrastruktur yang harus mendukung,” katanya.

Cantiasa menyebutkan bahwa dalam membangun satuan terdapat tiga hal yang harus diperhatikan, yaitu SDM, infrastruktur dan regulasi atau aturan yang harus ditata dengan baik. 

“Kita harapkan kaderisasi ke para penembak ini akan terus berjalan. Terakhir saya berharap agar lapangan tembak ini dirawat dengan baik dan dijaga kebersihan dan kerapiannya sehingga lapangan ini menjadi bagus. Semoga dengan adanya lapangan tembak pistol di Kodam XVIII/Kasuari ini dapat memberikan sumbangsih dalam memajukan dan membawa nama harum Kodam XVIII/Kasuari dan Papua Barat di bidang olahraga menembak pistol, apabila nantinya ada ajang lomba tembak, baik tingkat nasional maupun internasional,” ujarnya.

Perlu diketahui, sebagai pelatih bagi 16 petembak pistol Kodam ini adalah Mayor Inf (Purn) Heru, seorang purnawirawan Kopassus yang juga sebagai pelatih menembak serta telah berulang kali ke luar negeri mengikuti berbagai kejuaraan menembak internasional.

Adapun 16 orang petembak yang telah dilatih dalam pemusatan latihan (TC/Training Center) selama tiga minggu dengan materi tembak tepat, tembak cepat dan tembak reaksi jarak 5, 10, 15, 20 dan 25 meter adalah tujuh orang Kowad (Korps Wanita TNI Angkatan Darat) dari Staf Makodam dan Balakdam, serta sembilan orang prajurit putra yang berasal dari satuan Yonif 761/KA, Yonif RK 762/VYS dan Yonzipur 20/PPA. 

Hadir pada acara itu Kasdam XVIII/Kasuari Brigjen TNI Djoko Andoko, Irdam XVIII/Kasuari Brigjen TNI Steve C. Parengkuan, Dandim 1801/Manokwari Kolonel Arm Airlangga, para Perwira Staf Ahli Pangdam, Asisten Kasdam, Kabalakdam XVIII/Kasuari, Dandeninteldam dan Danyonif 761/KA.