Ketua KPK Sebut Pers Adalah Pahlawan Antikorupsi

"Pers tidak hanya sekedar memberikan informasi“

Ketua KPK RI Komjen Pol Firli Bahuri (dok: Lampung Post)

MONITOR, Jakarta – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri, mengungkapkan bahwa pers juga berperan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Pers tidak hanya sekedar memberikan informasi, tidak hanya sekedar memberikan wawasan pada bangsa dan negara tetapi ikut mencerdaskan kehidupan bangsa. Itu poinnya,” ungkapnya di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Selasa (9/2/2021).

Dalam momen Hari Pers Nasional (HPN) 2021 sekaligus HUT ke-75 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Firli menyampaikan bahwa pers juga telah membantu negara.

“Artinya adalah sampai hari ini sudah 75 tahun rekan-rekan pers telah menunjukkan andil besar. Andil besarnya apa?, andil besar dalam rangka mewujudkan tujuan negara,” ujarnya.

Bahkan, menurut Firli, pers juga bagian dari KPK dalam rangka pemberantasan korupsi.

“Untuk itu, KPK terima kasih karena rekan-rekan bagian dari KPK, rekan-rekan adalah pahlawan antikorupsi,” katanya.

Sekadar informasi, HPN diperingati setiap 9 Februari bertepatan dengan Hari Ulang Tahun PWI yang berdiri pada 9 Februari 1946. Peringatan HPN pun dikukuhkan dalam Keputusan Presiden Nomor 5 Tahun 1985.

Pada 2021, peringatan HPN awalnya akan dilaksanakan di Kendari, Sulawesi Tenggara. Namun karena pandemi Covid-19 HPN 2021 diselenggarakan di DKI Jakarta secara daring maupun tidak tatap muka.

Tema besar HPN 2021 adalah ‘Bangkit dari Pandemi, Jakarta Gerbang Pemulihan Ekonomi, Pers sebagai Akselerator Perubahan’.

HPN 2021 menghadirkan serangkaian kegiatan, seperti seminar, konvensi dan acara puncaknya dipusatkan di Ancol.