Jumat, 29 Maret, 2024

HPN 2021, Ketua PPP Depok Apresiasi Peran Pers

MONITOR, Depok – Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kota Depok, Qonita Lutfiyah, meminta insan pers tetap memegang teguh pendiriannya sebagai pilar ke empat demokrasi.

Hal tersebut diungkapkannya dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) yang jatuh setiap 9 Februari.

Putri dari Kyai Haji Syukron Ma’mun tersebut mengatakan, di masa pandemi Covid-19 ini peran pers sangat dibutuhkan oleh masyarakat, terutama sebagai penyampai informasi tentang bagaimana cara mencegah agar tidak terinfeksi virus Corona.

“Begitu besar peran pers dalam menyampaikan informasi terkini tentang Covid-19, itu yang harusnya mendapat apresiasi dari semua pihak,” katanya kepada awak media, Senin (08/02).

- Advertisement -

Dijelaskan Qonita, naik-turunnya suatu kedaulatan dapat dipengaruhi oleh sejauh mana independensi media massa. Sebab, menurutnya, di era 4.0 ini masyarakat terancam akan berbagai informasi yang menyesatkan.

“Dari jurnalis lah informasi yang akurat bisa didapat. Kalau dari media sosial, terlalu banyak pihak-pihak yang sengaja menyebarkan informasi hoax,” tegasnya.

Untuk itu, wanita yang juga menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP PPP tersebut mengatakan, agar para jurnalis mampu untuk terus menjaga marwah pers, terutama ditengah situasi saat ini.

“Khusus di Kota Depok, saya berpesan kepada rekan-rekan pers agar tetap menjadi sumber informasi yang terpercaya, hindari praktik-praktik tidak terpuji yang bisa menyebabkan hilangnya marwah yang dimaksud.”

“Selamat Hari Pers Nasional tahun 2021. Pers Independen, Pers tetap jadi Pilar Demokrasi Indonesia,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER