Sri Mulyani Klaim Stabilitas Sistem Keuangan Terus Membaik

Menteri Keuangan RI Sri Mulyani

MONITOR, Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, stabilitas sistem keuangan terpantau terus membaik hingga memasuki triwulan IV 2020. Hal ini seiring dampak positif pelonggaran kebijakan makroekonomi dan penurunan ketidakpastian pasar keuangan global.

“Ke depan, perekonomian Indonesia 2021 diperkirakan terus membaik didukung dengan kemajuan penanganan Covid-19 termasuk vaksinasi, pemulihan ekonomi global, serta stimulus dan penguatan kebijakan,” tutur Sri Mulyani.⁣

Selain itu, Sri Mulyani juga menegaskan Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) telah memutuskan untuk menerbitkan Paket Kebijakan Terpadu untuk mempercepat proses pemulihan ekonomi. ⁣

Paket kebijakan tersebut merupakan upaya KSSK untuk membantu sektor-sektor yang paling terdampak agar tetap dapat bertahan dan memberikan insentif bagi sektor-sektor yang berdaya tahan (resilience) supaya dapat mulai melakukan ekspansi usahanya.

“Pemerintah pun akan terus memberikan berbagai insentif baik pajak maupun bea dan cukai, serta terus memberi dukungan melalui belanja pemerintah dan dukungan pembiayaan untuk dunia usaha yang dapat meringankan debitur,” imbuhnya.