Minggu, 28 November, 2021

Kunjungi Rabithah Alawiyah, Sekjen PKS: Kapolri Ini Sangat Jeli

“Beliau bisa memetakan dengan baik bagaimana situasi sosiologis masyarakat Indonesia”

MONITOR, Jakarta – Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera (Sekjen PKS), Aboe Bakar Alhabsyi, menilai bahwa Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo sangat jeli melihat situasi sosiologis masyarakat Indonesia saat ini.

Hal itu diungkapkan Aboe Bakar Alhabsyi saat menanggapi kunjungan Kapolri ke Pengurus Rabithah Alawiyah beberapa waktu lalu.

“Saya lihat Kapolri ini sangat jeli, setelah bersilaturahmi ke NU dan Muhammadiyah, beliau silaturahim ke Rabithah Alawiyah. Beliau bisa memetakan dengan baik bagaimana situasi sosiologis masyarakat Indonesia. Memilih untuk bersilaturahim ke Rabithah Alawiyah pada awal masa jabatannya adalah langkah yang cukup taktis,” ungkapnya dalam keterangan tertulis, Jakarta, Senin (1/2/2021).

Pria yang akrab disapa Habib itu menjelaskan, Rabithah Alawiyah adalah ormas yang anggotanya dzurriyah atau keturunan Rasulullah SAW, sehingga banyak yang dihormati oleh masyarakat. Hal ini, menurut Habib, menunjukkan bahwa Kapolri sangat memahami tokoh-tokoh yang menjadi kunci.

- Advertisement -

“Pesan yang disampaikan pun tepat, yaitu meminta agar Rabithah Alawiyah membantu supaya pesan kamtibmas dari kepolisian bisa tersampaikan kepada umat dengan bahasa-bahasa yang mudah dipahami,” ujarnya.

Habib pun mengaku berharap, langkah yang dilakukan Kapolri pada awal masa jabatannya ini akan mampu membawa sinergi antara ulama dan umara. Sinergi yang baik antara ulama dan umara, maka akan dapat diberikan pelindungan, pengayoman, pelayanan kepada masyarakat.

“Dengan demikian akan dapat dilaksanakan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat secara maksimal,” katanya.

Seperti diketahui, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengunjungi markas Rabithah Alawiyah di Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Sabtu (30/1/2021).

Sigit mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut dilakukan untuk membangun sinergi antara organisasi masyarakat dan Polri.

“Ini merupakan rangkaian yang sudah saya laksanakan dalam beberapa waktu yang lalu kami berkunjung ke ormas-ormas besar antaranya ormas NU, Muhammadiyah dan ini Rabithah, tentunya kegiatan yang saya lakukan pertama melaksanakan silaturahim yang kedua kami di dalam tadi berdiskusi berbagai hal ke depan kita bisa membangun sinergi yang lebih baik,” ungkapnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER