Jumat, 12 Juli, 2024

Antisipasi Banjir, 470 Pompa Disiapkan di Lima Wilayah Ibukota

MONITOR, Jakarta – Memasuki musim penghujan, warga Jakarta dihantui datangnya banjir. Mengantisipasi hal tersebut, Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI telah menyiagakan sebanyak 470 unit pompa stasioner yang tersebar di 178 titik di lima wilayah ibu kota sebagai upaya antisipasi banjir musim hujan ekstrim.

Adapun rinciannya, Jakarta Barat 46 lokasi sebanyak 132 unit, Jakarta Selatan 40 lokasi sebesar 86 unit, Jakarta Utara 48 lokasi 126 unit, Jakarta pusat 23 lokasi 87 unit, serta Jakarta Timur 21 lokasi ada 39 unit.

Dinas SDA pun mengklaim pompa-pompa tersebut dipastikan dalam kondisi baik dan berfungsi secara optimal. Apabila ada genangan banjir, maka bisa dioperasikan untuk menyedot air dan dibuang ke tempat yang lebih aman.

“Pompa-pompa tersebut berkapasitas 50 hingga 500 liter per detik,” papar Dinas SDA melalui kanal YouTube resmi Pemprov DKI.

- Advertisement -

Ratusan pompa tersebut siap dioperasikan pada musim penghujan karena selama musim kemarau pompa-pomoa tersebut memang dirawat dengan baik.

Penanggung Jawab Rumah Pompa Cideng, Atot Arta jadi secara rutin pada musim kemarau atau musim panas lebih banyak perawatan pompa. Dengan mengganti oli, memberikan gris dan banyak keperawatan pembersihan lingkungan pompa dan sekitarnya.

“Paling sekali-kali hanya pemanasan itupun hanya bergantian satu minggu satu pompa secara rutin pemanasa saja dengan durasi 15 menit atau 10 menit paling untuk satu pompanya,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER