Jumat, 29 Maret, 2024

Menkes: Lebih dari 405 Ribu Tenaga Kesehatan Divaksin Covid-19

MONITOR, Jakarta – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan, Ssjak dilaksanakan pada 14 Januari hingga 29 Januari 2021, lebih dari 405 ribu sumber daya manusia kesehatan (SDMK) yang meliputi tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, serta tenaga penunjang telah menerima vaksin COVID-19.

Ia menjelaskan, berdasarkan data Kementerian Kesehatan, secara rinci jumlah SDMK yang telah menjalani vaksinasi tahap I per 29 Januari adalah sebanyak 405.012 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 11.287 orang telah memperoleh dosis kedua.

Dari sasaran vaksinasi SDMK sebanyak 1.529.934 orang hampir seluruhnya telah melakukan registrasi ulang yaitu sebanyak 1.500.347 orang. Menkes pun mengajak seluruh SDMK untuk mengikuti program vaksinasi untuk mengurangi risiko tertular virus COVID-19

“Mudah-mudahan ini bisa menjadi contoh, memotivasi seluruh tenaga kerja kesehatan di seluruh Indonesia agar mereka juga cepat yang belum suntikan pertama, mengejar  suntikan pertama, dan  yang sudah disuntik pertama juga bisa segera menyelesaikan suntikan kedua,” ujarnya Menkes, belum lama ini.

- Advertisement -

Ia pun mengingatkan, setelah suntikan kedua diperlukan waktu untuk pembentukan antibodi di dalam tubuh penerima.

“Mungkin dua minggu atau tiga minggu, dan sesudah itu insyaallah risiko kita untuk tertular bisa lebih kecil. Jadi mereka bisa bekerja lebih tenang temen-temen tenaga kesehatan ini,” ujarnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER