Jumat, 26 April, 2024

Sembuh Covid-19, Wali Kota Depok Donorkan Plasma Konvalesen

MONITOR, Depok – Wali Kota Depok, Mohammad Idris mendonorkan plasma darah atau plasma konvalesen di kantor Palang Merah Indonesia (PMI) setempat, Kamis (28/01/2021).

Idris mendonorkan plasma darahnya lantaran pernah terkonfirmasi positif Covid-19 pada 25 November 2020, dan dinyatakan sembuh atau negatif pada 2 Desember 2020 lalu.

“Alhamdulillah, saya telah melaksanakan donor plasma konvalesen dan didapat 600 cc. Informasinya, jumlah ini bisa digunakan untuk tiga pasien Covid-19 yang sedang kritis atau bergejala berat di rumah sakit,” kata Mohammad Idris seusai melakukan donor plasma, di Markas PMI Kota Depok, Kamis (28/01).

Idris mengatakan, setelah melakukan donor plasma, dirinya tidak merasakan keluhan. Seperti pusing, lemas, dan lainnya.

- Advertisement -

“Bagi sebagian orang, ada yang pusing, lemas atau keluhan pasca donor darah biasa. Tetapi, saya tidak merasakan apa-apa. Hanya saat ditusuk jarum sakit dan itu hal yang normal. Selebihnya aman,” terangnya.

Dirinya mengajak seluruh penyintas Covid-19 yang pernah mengalami gejala sedang hingga berat, untuk melakukan donor plasma konvalesen.

Sebab, menurut Idris, plasma konvalesen yang diberikan kepada pasien Covid-19 terbukti bisa menjadi terapi untuk penyembuhan atau pemulihan.

“Kami mengajak seluruh penyintas Covid-19 untuk melakukan donor plasma. Proses pengambilan dipastikan aman karena ditangani oleh ahlinya dengan protokol kesehatan yang cukup ketat,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER