Kamis, 28 Maret, 2024

KNPI Laporkan Abu Janda ke Bareskrim Polri Terkait Dugaan Rasis ke Pigai

“Insya Allah kebenaran akan menang”

MONITOR, Jakarta – Dewan Pimpinan Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI) resmi melaporkan pegiat media sosial, Permadi Arya alias Abu Janda, ke Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri terkait kasus dugaan rasisme terhadap mantan Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai. 

DPP KNPI pun meminta dukungan dan doa kepada masyarakat terkait aduan mereka ke polisi tersebut.

“DPP KNPI resmi melaporkan Permadi Arya (Abu Janda) ke Mabes Polri. Insya Allah kebenaran akan menang. Doa dan dukungan seluruh rakyat Indonesia pasti akan menjadi berkah bagi KNPI,” ungkap Ketua Umum DPP KNPI, Haris Pertama, seperti dikutip dari akun Twitter @harisknpi, Jakarta, Kamis (28/1/2021).

Haris mengaku yakin bahwa Polri akan memproses semua buzzer atau pendengung pemecah belah.

- Advertisement -

Selain itu, menurut Haris, apa yang dilakukan oleh Abu Janda sudah bertentangan dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika, karena tidak menghargai perbedaan Suku, Agama, Ras dan Antargolongan (SARA).

“Polri sebagai aparat penegak hukum jangan ragu untuk melakukan penegakan hukum terhadap kasus ini secara cepat dan tegas,” ujarnya.

Haris sangat menyayangkan munculnya pernyataan rasis yang dilontarkan oleh sekelompok orang yang kerap menggaungkan dan mengaku paling Pancasila itu.

“Meski berbeda dukungan politik. Tidak pantas melontarkan kata-kata rasis. Orang semacam Abu Janda harus segera ditangkap. Ini juga merusak citra Pemerintah Jokowi,” katanya.

Seperti diketahui, Permadi Arya alias Abu Janda di akun Twitter miliknya, @permadiaktivis1, diduga pernah mengejek Tokoh Papua yang juga mantan Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai dengan sebutan evolusi.

“Kau @NataliusPigai2 apa kapasitas kau? Sudah selesai evolusi belom kau?,” ungkap Permadi.

Sekadar informasi, berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti dari evolusi sendiri adalah perubahan (pertumbuhan, perkembangan) secara berangsur-angsur dan perlahan-lahan (sedikit demi sedikit).

Banyak pihak yang mengaitkan kata evolusi yang disampaikan oleh Abu Janda kepada Natalius Pigai itu dengan Teori Evolusi Ilmuwan Inggris Charles Darwin yang menyatakan bahwa manusia merupakan perubahan dari kera.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER