Jumat, Mei 27, 2022

Ambroncius Rasis ke Pigai, Sahroni: Polisi Tak Boleh Pandang Bulu

“Sikap rasisme seperti itu tidak bisa ditolerir lagi“

MONITOR, Jakarta – Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Ahmad Sahroni, meminta polisi untuk menindak tegas dan tidak boleh pandang bulu dalam menangani kasus dugaan rasisme yang dilakukan Ketua Pro Jokowi-Amin (Projamin) Ambroncius Nababan terhadap Tokoh Papua Natalius Pigai.

“Sikap rasisme seperti itu tidak bisa ditolerir lagi. Polisi harus menindak tegas siapapun pelakunya, apapun jabatannya, pokoknya tidak boleh pandang bulu,” ungkapnya di Jakarta, Selasa (26/1/2021).

Sahroni mengecam tindakan Ambroncius Nababan karena perilakunya yang rasis kepada Natalius Pigai telah mencederai nilai Pancasila dan Bhineka Tunggal ika.

Menurut Sahroni, tindakan Ambroncius Nababan tidak sepatutnya dilakukan di Indonesia yang merupakan negara dengan rakyat yang heterogen.

- Advertisement -

“Ini jelas-jelas tindakan rasis dan tidak sepatutnya terjadi di negara dengan rakyat heterogen seperti di Indonesia. Perilaku Ambroncius ini jelas telah mencederai nilai Pancasila dan keberagaman yang ada di NKRI,” ujarnya.

Sahroni menilai bahwa tindakan tegas Polri sangat dibutuhkan karena kalau kasus tersebut dibiarkan maka dapat menimbulkan kembali konflik perpecahan.

Seperti diketahui, sebelumnya Ketua Projamin Ambroncius Nababan menjadi perhatian publik karena diduga telah melakukan tindakan rasis kepada mantan Komisioner Komnas HAM dan juga Tokoh Papua Natalius Pigai.

Dalam unggahannya di media sosial, Ambroncius Nababan menyandingkan foto Natalius Pigai dengan seekor gorila. Ambroncius mengatakan unggahannya tersebut didasari dari pernyataan Natalius yang menolak vaksin Covid-19 Sinovac.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER