Masyarakat Pesantren Apresiasi Kapolda Banten Terkait Program Rukun Ulama-Umaro

“Sebagai pejabat baru, saya mengagumi sosok beliau sebagai seorang ulama besar di Banten“

Kapolda Banten, Irjen Pol Rudy Heryanto, saat bersama Pimpinan Ponpes Roudotul ‘Ulum KH Abuya Muhtadi. (Istimewa)

MONITOR, Pandeglang – Kapolda Banten, Irjen Rudy Heriyanto, langsung tancap gas membangun silaturahmi dan komunikasi sinergi dengan berbagai unsur masyarakat dan tokoh agama.

Hal tersebut seperti terlihat saat mantan Kadiv Hukum Mabes Polri itu bersama Dirintel Polda Banten dan Kapolres Pandeglang melakukan silaturahmi kepada Pimpinan Pondok Pesantren Roudotul ‘Ulum Pandeglang KH Abuya Muhtadi sekaligus ziarah ke makam ulama kharismatik Banten KH Abuya Dimyati di Pandeglang, Jumat (22/1/2021).

Rudy mengaku mengagumi dan ingin meneladani sosok Abuya Dimyati dalam menjalankan tugasnya di Polda Banten.

“Sebagai pejabat baru, saya mengagumi sosok beliau sebagai seorang ulama besar di Banten sehingga saya meneladani dalam melaksanakan tugas di Polda Banten ini,” ungkapnya.

Ketua Umum Jam’iyyah Masyarakat Pesantren Banten, Mohammad Sayyidi, mengapresiasi langkah dan program Kapolda yang terus menggalakkan sinergi dan silaturahmi dengan tokoh agama serta pesantren yang ada di Banten melalui program Rukun Ulama-Umaro. 

Menurut Sayyidi, gagasan dan program Irjen Rudy sejalan dengan apa yang juga telah dilakukan oleh para seniornya termasuk Listyo Sigit Prabowo yang saat ini menjadi Kapolri terpilih.

“Kita tahu karakteristik masyarakat Banten yang lekat dengan ulama dan pesantren, saya mengapresiasi Kapolda yang baru, Irjen Rudy yang paham dengan kultur tersebut. Bagaimanapun ada kesan dan kenangan manis yang selalu dikenang para tokoh masyarakat, ulama dan pesantren disini saat kepemimpinan Pak Listyo Sigit yakni sinergitas dan harmonisasi antara polri dan ulama,” katanya kepada media, Pandeglang, Banten, Sabtu (23/1/2021).

Sayyidi optimis, dengan program sinergi Ulama-Umaro Kapolda Banten, Kamtibmas di Provinsi Banten akan lebih kondusif.

“Tekad beliau luar biasa dengan programnya seperti sowan ulama, ngaji bareng kapolda, saba pesantren dan lain-lain itu akan membuat kamtibmas bisa berjalan dengan aman, nyaman, dan kondusif,” ujarnya.

Sebagai informasi, di masa kepemimpinannya di Polda Banten, Irjen Rudy langsung menggaungkan program Rukun Ulama-Umaro serta pesantren melalui berbagai program seperti Ngaji Bareng Kapolda, Rukun Ulama Umaro, Yuk Ngopi Wae, Subuhan Keliling, Saba Pesantren, Sowan Subuh, Ronda Siskamling, Guyub Tni-Polri, Sinergi Tiga Pilar, Warung Jumat, Polisi Sayang Anak Yatim, Penguatan Manajemen Media.