Tumpukan Sampah di Kali Baru Depok Dibersihkan, Ini Tanggapan Dinas PUPR

Satgas DPUPR Depok membersihkan sampah yang menumpuk di Kali Baru, Tugu, Cimanggis. (dok. istimewa)

MONITOR, Depok – Tumpukan sampah di saluran sekunder Ciliwung Katulampa yang disebut Kali Baru di wilayah Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis, telah dibersihkan Satgas Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok pada Jumat (22/01/2021).

Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA), DPUPR Kota Depok, Denny Setiawan mengatakan, sebanyak tiga regu Satgas diterjunkan untuk membersihkan tumpukan sampah tersebut.

“Dua regu Satgas, terdiri dari 20 personel kita tempatkan di depan pabrik YKK. Satu regu lainnya berada di bawah jembatan merah, masih dalam aliran yang sama,” katanya seperti dikutip MONITOR di situs resmi Pemkot Depok, Sabtu (23/01).

Dikatakannya, untuk memudahkan kinerja Satgas, pembersihan lokasi yang disebut Kali Baru itu dikerjakan di hilir kali. Pembersihan dilakukan sampai tidak ada lagi tumpukan sampah.

“Ini sudah satu minggu kami bersihkan. Memang tidak bisa langsung tertangani semuanya. Tapi kami terus berupaya melakukan pembersihan sampah setiap harinya,” terangnya.

Denny mengakui, masih banyak perilaku masyarakat yang tidak sadar lingkungan. Yaitu melakukan pencemaran lingkungan dengan membuang sampah ke kali.

“Memastikan saluran kali tidak tersumbat memang menjadi tugas kami (DPUPR), tapi kami minta agar masyarakat juga sadar akan pentingnya membuang sampah pada tempatnya,” pungkasnya.