Pengamat Dorong Internal AJBB 1912 Restorasi Usaha Bersama

Ketua Komite Tetap Pembiayaan Infrastruktur Kadin, Diding Sudirdja Anwar/ dok: istimewa

MONITOR, Jakarta – Berlarutnya penyelesaian kasus AJB Bumiputera (AJBB) 1912 menuai sorotan dari pengamat asuransi, Diding Sudirdja Anwar. Ia menekankan, internal AJBB 1912 sudah seharusnya menyelamatkan aset berharga bangsa itu dengan melakukan perbaikan internal.

“Hemat saya, internal AJBB 1912 harus self healing atau memperbaiki, menyembuhkan diri sendiri oleh diri sendiri, jaga imunitas dan tentunya harus kolaborasi pentahelix lintas generasi,” kata Diding Anwar dalam keterangannya, Kamis (21/1/2021).

Sebagai bentuk evaluasi, Diding menyarankan agar AJBB 1912 memilih BPA secara luber dan jurdil, lalu menetapkan Direksi dan Dekom melalui kompetensi dan integritas tinggi yang diseleksi dan assessment dari banyak kandidat potensial, kemudian melakukan fit and proper test sesuai ketentuan, dan lain sebagainya.

Menurut Diding, tidak ada halangan bagi internal AJBB 1912 untuk merestorasi usaha bersama, yaitu dengan lebih dahulu memperbaiki AD Tahun 2011 antara lain isi yang tidak sesuai dengan prinsip mutual dihilangkan, misalnya harus bunyi tegas semua pemilik polis (pempol) adalah anggota/ pemilik perusahaan tanpa terkecuali, juga tentang BPA yang benar-benar wakil pempol hasil pemilu yang luber dan jurdil.

Di sisi lain, Ketua Komite Tetap Pembiayaan Infrastruktur Kadin ini menyatakan, dalam kondisi Usaha Bersama sedang dalam masa tunggu terbitnya UU Usaha Bersama, organ perusahaan juga harus dapat menggerakkan roda organisasi dan bisnisnya secara mandiri dengan tata kelola yang baik serta perbaikan-perbaikan di segala lini, agar tidak mengalami kemandegan/stagnasi.

“Mengingat kewajiban terhadap Pemegang Polis dan Pekerja selaku penggerak Usaha Bersama harus terus berjalan,” pungkasnya.