Meski Pandemi, KBRI Panama Tetap Maksimalkan Promosi Budaya Indonesia

“Kami juga mencoba untuk menggeser kegiatan ke Costarica, Honduras dan Nicaragua“

Dubes RI untuk Panama, Sukmo Harsono. (Istimewa)

MONITOR, Jakarta – Duta Besar (Dubes) RI untuk Panama, Sukmo Harsono, mengungkapkan bahwa pihaknya tetap memaksimalkan upaya-upaya dalam mempromosikan budaya maupun produk-produk dari Indonesia meski di tengah pandemi Covid-19 ini.

Menurut Sukmo, terkait promosi budaya ataupun Trade Expo, kegiatan di luar ruangan ataupun dalam ruangan di Panama saat ini nyaris tidak bisa dilakukan, bahkan semua kegiatan baik yang dilakukan oleh pemerintah maupun swasta setempat mengalami pembatalan dan penjadwalan ulang.

“Demikian juga dengan kegiatan KBRI Panama, semua kegiatan beralih menjadi virtual. Karantina total, pemberlakuan jam malam dan hari keluar rumah yang berselang seling laki laki dan perempuan bergantian jelas merupakan faktor yang tidak memungkinkan kegiatan dikunjungi dengan jumlah yang siginifikan,” ungkapnya dalam keterangan tertulis, Jakarta, Rabu (20/1/2021).

Kendati demikian, Sukmo menegaskan bahwa pihaknya terus mengupayakan untuk terus mengenalkan Indonesia di Panama dan sekitarnya.

“KBRI Panama terus berupaya memaksimalkan kegiatan melalui virtual atau pertemuan yang sangat-sangat terbatas guna memastikan progam-program KBRI berjalan, baik fungsi ekonomi, Pensosbud, politik ataupun perlindungan WNI dan pelayanan lainnya,” ujarnya.

Selain itu, Sukmo mengatakan, pihaknya juga berusaha untuk menggelar kegiatan di negara-negara sekitar Panama.

“Kami juga mencoba untuk menggeser kegiatan ke Costarica, Honduras dan Nicaragua yang sedikit lebih longgar dalam hal penanganan Covid, walaupun tetap dalam koridor protokol kesehatan sangat ketat,” katanya.