Pencarian Dihentikan, Ridwan Kamil: Korban Longsor Sudah Ditemukan

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

MONITOR, Sumedang – Proses pencarian dan evakuasi terhadap korban longsor di Sumedang, Jawa Barat, sudah dihentikan. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan, seluruh korban longsor sudah ditemukan.

“Berkat kerja keras semua pihak, hari ini seluruh korban longsor Sumedang sudah ditemukan. Karenanya proses pencarian dinyatakan selesai,” ujar Ridwan Kamil, Selasa (19/1/2021).

Gubernur yang akrab disapa Kang Emil ini menuturkan, saat ini, tim akan fokus pada rencana relokasi warga terdampak longsor.

“Sekarang akan fokus pada perencanaan relokasi warga ke permukiman baru yang lebih aman. Semoga warga terdampak bisa ikhlas untuk berpindah,” tutur eks Wali Kota Bandung ini.

Lebih lanjut ia mengucapkan terimakasih kepada sejumlah pihak yang membantu penanganan korban, diantaranya Presiden Joko Widodo melalui Kementrian PUPR dan Kemensos, BNPB dan Basarnas.

“Kepada BPBD/PMI kab dan provinsi, kepada para relawan dan semua pihak yang mendukung proses evakuasi dan mereka yang membantu bantuan kemanusiaan kepada korban longsor,” imbuhnya.