Sabtu, 27 April, 2024

Wartawan Akan Divaksin Covid-19 pada Maret 2021

Wartawan dinilai masuk ke dalam kategori pelayanan publik

MONITOR, Jakarta – Rencananya, para wartawan atau jurnalis akan divaksin Covid-19 pada Maret 2021 mendatang, berbarengan dengan para prajurit TNI dan Anggota Polri.

Pemerintah menempatkan wartawan atau jurnalis ke dalam prioritas penerima vaksin Covid-19 setelah petugas medis.

“Mulai Maret 2021 (vaksinasinya). Masuk dalam kategori memberikan layanan publik,” ungkap juru bicara vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi, seperti dikutip dari Medcom.id, Jakarta, Senin (18/1/2021).

Vaksinasi Covid-19 periode pertama diprioritaskan ke petugas medis. Setelahnya, vaksin diberikan ke petugas pelayan publik seperti personel TNI, polisi, hingga wartawan.

- Advertisement -

Kemudian, vaksinasi akan diberikan ke tokoh masyarakat dan agama, pelaku perekonomian strategis, perangkat daerah kecamatan, perangkat desa, serta perangkat rukun tetangga atau rukun warga. Tenaga pendidikan masuk ke kelompok prioritas berikutnya.

Tenaga pendidikan yang diprioritaskan meliputi guru atau tenaga pendidik dari PAUD dan TK, SD, SMP, SMA, sekolah setingkat atau sederajat dan perguruan tinggi. Vaksinasi kemudian menyasar aparatur kementerian atau lembaga, organisasi perangkat pemerintah daerah, dan anggota legislatif.

Kemudian, vaksin Covid-19 diberikan kepada masyarakat rentan dari aspek geospasial, sosial dan ekonomi. Prioritas terakhir adalah masyarakat sipil dan pelaku ekonomi lainnya. Vaksinasi ini ditarget rampung dalam setahun.

Vaksinasi petugas medis ditarget rampung dalam dua bulan. Sebanyak 700 ribu orang akan disuntik vaksin tiap bulannya.

“1,4 juta (tenaga medis divaksin) bisa kita selesaikan dalam dua bulan,” ujar Siti.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER