Jumat, 26 April, 2024

Kabar Kasdim Gresik Meninggal karena Vaksin Covid-19 Hoaks

“Hingga saat ini, Kasdim Gresik dalam keadaan sehat wal afiat“

MONITOR, Jakarta – Beredarnya foto anggota TNI yang disebut-sebut sebagai Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0817/Gresik, Mayor Inf Sugeng Riyadi, disertai keterangan bahwa yang bersangkutan meninggal dunia usai disuntik vaksin Sinovac adalah berita hoaks alias bohong.

Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) V/Brawijaya, Kolonel Arm Imam Haryadi, mengungkapkan bahwa berita hoaks tersebut harus segera diluruskan agar tidak menimbulkan penyesatan opini di kalangan masyarakat terkait program pemerintah berupa vaksinasi Covid-19 yang sedang berjalan saat ini.

“Hingga saat ini, Kasdim Gresik dalam keadaan sehat wal afiat. Jadi tidak benar berita yang mengatakan bahwa ia meninggal setelah disuntik vaksin Sinovac,” ungkapnya kepada media, Surabaya, Jawa Timur, Senin (18/1/2021).

Imam menjelaskan anggota TNI yang dilingkari dalam foto yang beredar adalah foto almarhum Mayor Kav Gatot Supriyono, Danramil Kebomas Kodim 0817/Gresik.

- Advertisement -

Imam mengatakan, Gatot meninggal dunia pada Jumat (15/1/2021) pukul 23.06 akibat serangan jantung. Perlu diketahui pula bahwa Gatot Supriyono belum pernah divaksinasi Covid-19 dengan Merk Sinovac sebelumnya.

Menurut Imam, Gatot juga pernah melaksanakan test rapid antigen di Poskes Gresik pada Kamis (14/1/2021) dan hasilnya non reaktif.

“Adapun foto yang beredar diambil dari dokumentasi tanggal 10 Januari 2021, saat yang bersangkutan mendampingi Danrem 084/BJ beserta keluarga melaksanakan ziarah ke Makam Sunan Giri di Gresik,” katanya.

Sementara itu, lanjut Imam, di tanggal yang sama, Kasdim Gresik atas nama Mayor Inf Sugeng Riyadi menerima vaksinasi Covid-19 dengan Merk sinovac di RSUD Ibnu Sina Gresik menggantikan Dandim 0817/Gresik Letkol Inf Taufik Ismail dikarenakan pada saat screening, tensi Dandim sedang tinggi.

Hingga saat ini, Imam menegaskan bahwa kondisi Kasdim Gresik Mayor Inf Sugeng Riyadi dalam keadaan sehat. Menurut Imam, pemberitaan yang menyatakan bahwa Kasdim Gresik meninggal dunia usai divaksin Sinovac adalah berita tidak berdasarkan kebenaran. 

“Sehingga masyarakat diharapkan tidak terpengaruh berita tersebut, serta yakin bahwa vaksin Covid 19 merk Sinovac telah aman dan manjur untuk mengatasi pandemi Covid-19 di Indonesia saat ini,” katanya.

Sekadar informasi, sebelumnya beredar kabar di aplikasi WhatsApp Kasdim 0817/Gresik Mayor Inf Sugeng Riyadi meninggal setelah disuntik vaksin Sinovac.

Pada pesan tersebut tertulis Kasdim Gresik atas nama Mayor Inf Sugeng Riyadi meninggal setelah siangnya disuntik vaksin dan sedang melakukan proses persiapan pemakaman.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER