Warga Kalsel ‘Teriak’, Jokowi Perintahkan Jajarannya Kirim Bantuan

Presiden RI Joko Widodo

MONITOR, Jakarta – Setelah masyarakat Kalimantan Selatan ‘berteriak’ di media sosial terkait bencana alam banjir di wilayah mereka, Presiden Joko Widodo pun angkat bicara.

Jokowi menuturkan memang terjadi peningkatan curah hujan yang cukup ekstrim di sejumlah wilayah di Indonesia, termasuk wilayah Kalimantan Selatan. Orang nomor satu di Indonesia ini pun mengajak seluruh masyarakat untuk senantiasa meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana banjir dan longsor.

Ia menyatakan telah berkomunikasi dengan Gubernur Kalimantan Selatan melalui sambungan telepon untuk mendapatkan laporan mengenai banjir yang terjadi di Provinsi Kalimantan Selatan.

“Saya telah memerintahkan Kepala BNPB, Panglima TNI dan Kapolri untuk secepat-cepatnya mengirim bantuan seperti perahu karet yang sangat dibutuhkan dalam penanganan bencana banjir di daerah itu,” kata Jokowi.

“Saya akan terus memantau perkembangan penanganan bencana di Tanah Air, baik yang terjadi di Sulawesi Barat, di Jawa Barat, maupun di Kalimantan Selatan,” ucapnya lagi.

Ia pun menegaskan, pemerintah daerah dan pemerintah pusat akan selalu hadir di lokasi bencana dalam situasi apapun.