Jumat, 29 Maret, 2024

Pesawat TNI AU Angkut Bantuan Logistik ke Sulbar

Selain bantuan logistik, pesawat TNI AU itu juga mengangkut sejumlah prajurit.

MONITOR, Jakarta – TNI Angkatan Udara (AU) mengirim tiga pesawat yang mengangkut bantuan logistik dan pasukan ke Sulawesi Barat (Sulbar) untuk membantu penanganan gempa di wilayah Mamuju dan Majene.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau), Marsekal Pertama (Marsma) TNI Indan Gilang B, mengungkapkan bahwa dua pesawat angkut Hercules C-130 lepas landas dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (15/1/2021).

“Rincian dari dua pesawat itu, C-130 Hercules A-1314 dipiloti oleh Letkol Pnb Marvien mengangkut 24 personel meliputi Kepala BNPB, Mensos dan Pangkogabwilhan II serta para perangkatnya,” ungkapnya dalam keterangan tertulis, Jakarta, Jumat (15/1/2021).

Sementara Pesawat C-130 Hercules A-1321, lanjut Indan, dipiloti oleh Mayor Pnb Putut dan mengangkut 28 personel kesehatan TNI, Satkomlek Mabes TNI dan staf BNPB serta mengangkut barang bantuan logistik sebanyak 10.300 kilogram.

- Advertisement -

“Sedangkan pesawat Boeing-737 dengan Tail Number A-7302 dipiloti Kapten Pnb Panji diberangkatkan dari Lanud Hasanuddin Makassar mengangkut 800 kilogram sembako dan 27 personel Pasukan Khas TNI AU,” ujarnya.

Indan mengatakan bahwa ketiga pesawat tersebut mendarat di Bandara Tampa Padang, Mamuju.

“Selanjutnya bantuan tersebut akan diserahkan untuk membantu penanganan bencana alam di Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat,” katanya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER