Jumat, 26 April, 2024

Menko PMK Minta Penyintas Covid-19 Donorkan Plasma Konvalesen

"Karena sudah terbukti dengan adanya plasma konvalesen itu banyak pasien Covid-19 yang terselamatkan“

MONITOR, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, mendorong para penyintas Covid-19 untuk mendonorkan darahnya sebagai plasma konvalesen dalam upaya terapi pengobatan bagi pasien Covid-19.

“Karena sudah terbukti dengan adanya plasma konvalesen itu banyak pasien Covid-19 yang terselamatkan,” ungkapnya saat melakukan kunjungan ke Kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi DKI Jakarta, Kamis (14/1/2021).

Muhadjir meminta kepada para penyintas yang telah sembuh dari infeksi Virus Corona itu untuk melakukan donor plasma konvalesen yang dapat menyelamatkan pasien Covid-19.

“Saya mohon kepada penyintas yang telah disembuhkan oleh Allah, oleh Tuhan dari wabah Covid-19 ini. Sekarang saatnya untuk memberikan bantuan memberikan sebagian dari berkahnya kepada saudara-saudaranya yang sekarang sedang mengalami cobaan,” ujarnya.

- Advertisement -

Muhadjir mengatakan bahwa pemerintah akan mencanangkan Gerakan Nasional Donor Plasma Konvalesen. Pencanangan itu rencananya akan dilaksanakan secara daring dan luring di Kantor Pusat PMI di Jakarta.

Secara daring, rencananya akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan secara luring dihadiri oleh menteri dan kepala lembaga. Selain itu juga akan dilakukan pelaksanaan donor plasma konvalesen dengan melibatkan pendonor dari pejabat-pejabat publik.

Muhadjir mengharapkan, dengan adanya gerakan ini dapat menumbuhkan pendonor-pendonor potensial dan mampu menekan angka kematian akibat Covid-19 di Indonesia.

“Mudah-mudahan dengan mereka nanti beramai-ramai mendonor konvalesen akan ikut mencegah angka fatalitas Covid-19 di Indonesia yang masih di atas rata-rata dunia,” katanya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER