Korem 143/HO Jadi Pilot Project Smart Digital Campus Unjani

Smart Digital Campus Unjani diluncurkan oleh Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa pada 22 Desember 2020

Program Smart Digital Campus Unjani di Korem 143/HO Kendari, Sultra, Rabu (13/1/2021). (Penrem 143/HO)

MONITOR, Kendari – Kepala Penerangan Korem (Kapenrem) 143/HO, Mayor Arm Sumarsono, mengungkapkan bahwa tidak saja dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, sebagai pilot project Smart Digital Campus Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani), Korem 143/HO juga diharapkan dapat membantu kesejahteraan personel TNI AD dan keluarganya, khususnya di bidang pendidikan.

Menurut Sumarsono, program Smart Digital Campus Unjani diluncurkan oleh Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa pada 22 Desember 2020 lalu di Markas Besar TNI Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta Pusat.

“Unjani yang merupakan perguruan tinggi d bawah Yayasan Kartika Eka Paksi (YKEP) saat ini dorong menjadi lebih besar dan dapat membantu keluarga besar TNI AD agar dapat menikmati perkuliahan hingga tingkat tinggi,” ungkapnya dalam keterangan tertulis, Jakarta, Rabu (13/1/2021).

“Dari dasar itu, Danrem 143/HO (Brigjen TNI Jannie A Siahaan) tergerak untuk mengimplementasikan program tersebut dalam bentuk kuliah jarak jauh bagi prajurit, PNS dan keluarga, termasuk juga tenaga pengajar dan siswa SMA Kartika XX-2 Kendari,” ujar Sumarsono melanjutkan.

Dalam acara promosi yang digelar secara virtual, hadir 1.049 peserta di 49 titik.

“1.049 peserta mengikuti di 49 titik, baik di Kendari, Kolaka, Buton, Muna dan Butur. Ini masih belum optimal karena banyak wilayah Koramil di Sultra yang belum terhubung jaringan internet,” kata Sumarsono.

Sumarsono berharap, agar dari kegiatan yang dipimpin oleh Danrem 143/HO Brigjen TNI Jannie A. Siahaan dan Rektor Unjani Hikmahanto itu dapat membuka peluang bagi para prajurit dan PNS TNI AD untuk memanfaatkan kesempatan yang langka, yaitu kuliah di universitas  kebanggan TNI AD.

“Tidak saja membangun SDM yang unggul, sebagai pilot project Smart Digital  Campus Unjani, Korem 143/HO juga diharapkan dapat membantu kesejahteraan personel TNI AD dan keluarganya, khususnya di bidang pendidikan,” ungkapnya.

Dalam sambutannya di hadapan para Pimpinan Unjani, selain mengucapkan terima kasih kepada Rektor Unjani, Danrem 143/HO Brigjen TNI Jannie A. Siahaan juga menyampaikan bahwa kegiatan kerja sama dengan perguruan tinggi yang berada di Bandung dan Cimahi, Jawa Barat, itu menjadi peluang yang sangat luar biasa untuk membangun SDM TNI AD yang unggul.

“Ini merupakan kesempatan yang luar biasa dan membanggakan, Bapak Prof Hikmahanto berkenan memfasilitasi keluarga besar Korem 143/ HO untuk mengenal dan berkesempatan nantinya mengikuti kuliah di Unjani,” ujarnya.

Selain untuk membangun SDM TNI AD dan juga Sulawesi Tenggara (Sultra), menurut Jannie, kerja sama dengan Unjani juga diharapkan dapat membantu kesejahteraan prajurit dan keluarganya yaitu berkesempatan mengikuti pendidikan tingkat perguruan tinggi.

“Termasuk bagi guru dan siswa SMA Kartika XX-2 Kendari yang merupakan sekolah di bawah yayasan milik TNI AD,” katanya.

Sementara dalam sambutannya kepada seluruh jajaran Korem 143, Rektor Unjani Hikmahanto Juwana, menjelaskan bahwa sebagai bagian dari TNI AD, Unjani sangat berkepentingan untuk membantu peningkatan pendidikan keluarga besar TNI AD.

“Kegiatan ini telah disetujui Ketua Yayasan Kartika Eka Paksi, yaitu Letjen TNI Tatang Sulaiman, mantan Wakasad. Dan nanti dari kegiatan ini akan dilaporkan kepada Bapak Kasad bahwa Korem 143/HO menjadi Pilot project dari Program Smart Digital Campus Unjani,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Hikmahanto mengatakan bahwa Kasad sangat berharap agar Unjani bisa dikenal di seluruh Indonesia maupun internasional, serta prajurit TNI AD dimanapun berada dapat memanfaatkannya untuk menimba ilmu, karena ilmu adalah salah satu kesejahteraan prajurit.

“Saat ini Unjani tengah berbenah, beberapa fakultas yang sudah terakreditasi B akan kita tingkatkan dengan akreditasi A, sedang Unjani  sendiri saat ini terakreditasi B,” ujarnya.

“Kita nanti bisa kerja sama dengan Korem, untuk membuka kuliah jarak jauh baik S1 maupun S2, tentunya nanti adanya diskon biaya dan juga harga perdamaian,” kata Hikmahanto melanjutkan.

Sementara itu, menurut Warek I Bidang Akademik Unjani Agus Subagyo, tidak saja telah meluluskan ribuan mahasiswa namun juga para lulusannya juga banyak diserap oleh perusahaan maupun instansi.

“Seperti di PT Pindad Persero, BUMN yang bergerak di bidang Alutsista. Banyak fakultas yang menjadi favorit, termasuk diantaranya Kedokteran dan Farmasi. Saat ini kita telah membuka pendaftaran dan nanti buat anggota TNI AD dan keluarga kita berikan diskon khusus,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Agus menyampaikan, untuk mengetahui tentang pendaftaran Unjani bisa diakses dalam website resminya yaitu https://pendaftaran.unjani.ac.id/.

“Untuk lebih dalam lagi, selain diakses di website, informasi bagi anggota Korem akan kami sampaikan melalui Korem 143/HO,” ujarnya.