Sabtu, 27 April, 2024

Forum Satu Bangsa apresiasi Pengajuan Listyo Sigit sebagai Calon Kapolri

MONITOR, Jakarta – Presiden Joko Widodo dikabarkan telah menunjuk Kepala Badan Reserse dan Kriminal (Kabareskrim) Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon Kapolri pengganti Jenderl Idham Azis yang segera dikirim ke DPR untuk dilakukan uji kepatutan dan kelayakan.

Terkait dengan hal tersebut, Ketua Umum Forum Satu Bangsa (FSB), Hery Haryanto Azumi, menyambut baik. Menurutnya pengajuan Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon Kapolri oleh Presiden Joko Widodo menunjukkan bahwa Kepolisian Republik Indonesia telah mengalami perubahan ke arah yang positif pasca Reformasi.

“Ini juga mengindikasikan kematangan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara semakin meningkat. Pesan yang ingin disampaikan Presiden Joko Widodo adalah bahwa kinerja yang positif dan komitmen kepada keberagaman adalah kunci dalam membangun bangsa dan negara yang terdiri dari berbagai suku, agama, dan kelompok,” kata Hery dalam keterangan tertulisnya.

Hery menerangkan bahwa Sigit dikenal sebagai anggota Korps Bhayangkara yang hobby bersilaturrahim dengan semua kalangan masyarakat. Selama menjabat sebagai Kapolda Banten, misalnya, kedekatan ini sangat dirasakan oleh jajaran ulama Banten.

- Advertisement -

“Keluwesan Sigit dengan ulama ini tidak dapat dilepaskan dari pengalaman sebelumnya dalam bertugas di daerah-daerah santri, seperti Pati dan Solo,” terang salah seorang pendiri Majelis Dzikir Hubbul Wathon (MDHW) tersebut.

Hery menyatakan bahwa pengajuan ini akan membawa angin segar bagi integrasi bangsa dan kolaborasi antar elemen yang memang menjadi ciri khas bangsa Indonesia.

“Saya yakin bahwa Komjen Listyo Sigit Prabowo mampu meyakinkan Komisi III DPR RI dalam fit and proper test yang rencananya akan diselenggarakan pada minggu ini,” tegas Mantan Ketum PB PMII tersebut.

Hery juga berpesan agar Sigit menjadikan kepercayaan ini sebagai modal dasar untuk memperkuat integrasi bangsa dan menyampaikan kepada seluruh dunia bahwa Indonesia adalah negara dengan mayoritas Muslim yang mengerti dengan kehendak zaman dan siap menjadi contoh dan rujukan bagi dunia.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER