Cegah Covid-19, Musrembang Depok Tahun 2021 Digelar Secara Virtual

Ilustrasi: Bappeda Kota Depok menggelar Musrenbang Tahun 2021 secara tatap muka dan virtual, baru-baru ini. (Istimewa)

MONITOR, Depok – Kepala Badan Perencanaan Pembangunan dan Pengembangan Penelitian (Bappeda) Kota Depok, Widyati Riyandani menyatakan, pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2021 di Depok dilaksanakan secara virtual. Baik Musrenbang tingkat kelurahan maupun kecamatan.

Dia mengatakan, pihaknya telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) tentang pelaksanaan Musrenbang secara virtual atau dalam jaringan (daring) kepada seluruh lurah dan camat.

Menurutnya, hal tersebut merupakan tindaklanjut dari Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 01 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19.

“Setelah berkoordinasi dengan Satgas Penanganan Covid-19 Kota Depok dan mencermati perkembangan kondisi pandemi di sini, maka seluruh kegiatan Musrenbang harus dilakukan secara virtual,” katanya kepada wartawan di Balai Kota, Senin (11/01).

Dijelaskannya, teknis pelaksanaan Musrenbang diserahkan kepada wilayah masing-masing untuk menyediakan fasilitas virtual. Dengan begitu, kegiatan diskusi dapat berjalan baik dan lancar.

“Seluruh lurah dapat berkoordinasi dengan camatnya terkait pelaksanaan Musrenbang tahun ini,” jelasnya.

Meski dilaksanakan secara virtual, dirinya berharap, tidak menjadi hambatan bagi masyarakat maupun pemangku wilayah untuk menyampaikan usulannya. Terutama usulan yang berkaitan dengan kebutuhan warga.

“Walau ada perubahan metode kegiatan Musrenbang, namun masyarakat dan pimpinan wilayah agar dapat memanfaatkannya dengan baik dan usulan yang disampaikan juga berdasarkan kebutuhan masyarakat,” pungkasnya.