Sabtu, 27 April, 2024

Jokowi-Megawati Kompak Bicara Soal Tragedi Jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air

Keduanya menyampaikan hal itu di acara HUT PDIP ke-48

MONITOR, Jakarta – Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kompak menyampaikan belasungkawa mendalam terhadap para keluarga korban pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang jatuh di Perairan Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, Sabtu (9/1/2021).

Ucapan itu menjadi pembuka pidato politik Megawati maupun Jokowi dalam acara pembukaan perayaan HUT PDIP ke-48 yang dilaksanakan secara virtual, Jakarta, Minggu (10/1/2021). 

Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin ikut hadir di acara itu bersama sejumlah menteri kabinetnya. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto beserta jajaran DPP PDIP dan hampir 100 ribu peserta acara turut mendengar ungkapan Megawati.

“Saya sampaikan belasungkawa mendalam atas tragedi jatuhnya pesawat Sriwijaya Air di Kepulauan Seribu kemarin,” ungkap Megawati. 

- Advertisement -

“Mari kita panjatkan doa bagi seluruh korban, dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan,” ujar Presiden RI Kelima itu melanjutkan.

Presiden Jokowi juga menyampaikan ucapan senada sebagai awal pembuka pidatonya.

“Saya menyampaikan duka cita mendalam kepada keluarga korban,” katanya.

Jokowi menegaskan, tak lama setelah tragedi terjadi, pencarian pun langsung dilakukan. Jokowi mengajak seluruh rakyat Indonesia berdoa agar proses pencarian korban dan pesawat bisa dilaksanakan dengan baik.

Untuk diketahui, pesawat Sriwijaya Air rute Jakarta-Pontianak dengan nomor penerbangan SJ 182 hilang kontak pada Sabtu (9/1/2021) pukul 14.40 WIB. Pesawat diperkirakan jatuh di antara Pulau Laki dan Pulau Lancang, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

Ketua DPR RI yang juga Ketua DPP PDIP, Puan Maharani, juga turut menyampaikan duka mendalam atas peristiwa tersebut. Puan berharap proses pencarian pesawat dan penumpangnya berjalan lancar. Dia mendoakan keluarga korban diberi ketabahan.

“Semoga keluarga para korban diberi ketabahan,” ungkapnya.

Puan meminta pihak berwenang mengerahkan seluruh kekuatannya untuk mendukung proses pencarian para korban. Selain itu, masyarakat diharapkan tidak berspekulasi dan menunggu hasil penyelidikan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

“Saya meminta komponen-komponen SAR menerjunkan semua kekuatannya untuk proses pencarian korban. Kami juga mohon jangan berspekulasi tentang penyebab sampai ada hasil penyelidikan KNKT,” ujarnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER