Raja Salman Disuntik Vaksin Corona

Raja Salman sedang disuntik vaksin Covid-19 (Foto: Dok Reuters)

MONITOR, Jakarta – Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud, menerima dosis pertama vaksin Covid-19. penyuntikan vaksin itu berlangsung di Neom, Arab Saudi, Jumat (8/1/2021).

Dikutip dari Reuters, Sabtu (9/1/2021), penyuntikan vaksin corona kepada Raja Salman dibagikan melalui sebuah video oleh Saudi Press Agency (SPA). Raja Salman yang terlihat mengenakan gamis putih itu dibantu oleh dua tenaga kesehatan dalam penyuntikan vaksin. Ia menerima vaksin di usianya yang sudah menyentuh 85 tahun.

Menteri Kesehatan Saudi, Dr. Tawfiq Bin Fawzan Al-Rabiah, mengucapkan terima kasih kepada Raja Salman yang telah memberikan segala dukungan kepada warga di masa pandemi.

“Hari ini, Penjaga Dua Masjid Suci menerima vaksin karena keinginannya untuk kebal terhadap virus. Inisiatifnya adalah penegasan bahwa Kerajaan sangat percaya bahwa pencegahan selalu lebih baik daripada mengobati,” kata dia.

Sebelumnya, Arab Saudi telah meluncurkan kampanye vaksinasi virus Corona pada 17 Desember lalu, setelah menerima pengiriman pertama vaksin buatan Pfizer-BioNTech.

Kementerian Kesehatan Saudi mengatakan, program itu akan diluncurkan dalam tiga fase, dimulai dengan orang-orang yang berusia di atas 65 tahun dan mereka yang menderita penyakit kronis atau berisiko tinggi terinfeksi.

Orang-orang di atas 50 tahun akan divaksinasi berikutnya, selanjutnya semua orang lainnya termasuk dalam tahap ketiga. Kementerian Kesehatan menambahkan bahwa vaksin itu akan gratis untuk warga negara dan penduduk.

Sementara itu, sebelum Raja Salman, Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed Bin Salman (MbS) disuntik vaksin corona terlebih dahulu yakni pada Jumat (25/12).

Adapun Menteri Kesehatan Saudi Dr. Tawfiq Al-Rabiah merupakan warga negara pertama yang menerima vaksin tersebut, pada Kamis (17/12).

Arab Saudi termasuk salah satu negara dengan penanganan wabah terbaik di dunia. Tindakan pencegahan wabah terus dilakukan secara proaktif, termasuk salah satunya dengan vaksinasi yang tengah dilakukan.