Anies Ajak Penyintas Covid-19 Ikuti Terapi Plasma Konvaselen

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan wakilnya A Riza Patria/ dok: net

MONITOR, Jakarta – Tingginya kasus Covid-19 di Jakarta, membuat Anies Baswedan berpikir keras. Ia menyadari banyak penyintas yang dirawat di Rumah Sakit, serta tidak sedikit yang membutuhkan perawatan intensif. Anies pun mengenalkan terapi plasma konvaselen kepada mereka.

Anies menjelaskan terapi plasma konvalesen merupakan salah satu metode terapi yang efektif untuk membantu pemulihan penderita Covid-19. Pada berbagai kondisi, terutama pada situasi pandemi di mana ada penyakit baru, terapi dengan cara plasma konvalesen ini bisa dilakukan.

“Terapi plasma konvalesen berpijak pada pemahaman bahwa seorang penyintas infeksi, setelah sembuh akan membentuk antibodi dalam tubuhnya,” kata Anies Baswedan, Sabtu (9/1/2021).

Lanjut Anies, antibodi itu akan disimpan dalam plasma darah orang tersebut. Dalam hal Covid-19, penyintas penyakit itu diharapkan sudah membentuk antibodi. Kemudian, plasma penyintas Covid-19 itu kemudian diberikan kepada orang lain yang sedang menghadapi infeksi virus corona.

“Harapannya, antibodi yang diberikan melalui plasma ini tadi, membantu untuk melawan infeksi yang sedang berjalan,” imbuh Anies.