Kamis, 28 Maret, 2024

SBY Optimis Indonesia Mampu Lewati Badai Corona

“Negeri kita masih punya jalan untuk sukses”

MONITOR, Jakarta – Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), mengaku Indonesia akan sukses melewati badai Virus Corona atau Covid-19 yang melanda dunia.

Berdasarkan pantauannya, SBY mengungkapkan bahwa sikap masyarakat dalam menghadapi 2021 cukup beragam. Menurut SBY, ada yang pesimis ada pula yang optimis, ada yang pasrah dan masa bodoh, tapi ada juga yang punya semangat untuk ikut mengubah keadaan ke arah yang lebih baik.

“Saya sendiri memilih untuk bersikap lebih optimistis (cautious optimism) dan yakin bahwa negeri kita masih punya jalan untuk sukses. Artinya, peluang bagi meredanya badai Corona dan pulihnya ekonomi kita memang ada,” ungkapnya seperti dikutip dari laman media sosial Facebook Susilo Bambang Yudhoyono, Jakarta, Jumat (8/1/2021).

Namun kendati demikian, SBY mengatakan, semua itu tidak datang begitu saja dari langit. SBY menilai, jangan pula bersikap ‘take for granted’, seolah peluang baik itu akan datang dengan sendirinya.

- Advertisement -

Misalnya, menurut SBY, jangan lantaran vaksin sudah datang, maka pasti pandemi akan segera hilang, setelah itu ekonomi akan pulih kembali dan bahkan tumbuh meroket.

“Jangan bersikap dan berpikir begitu. Tuhan tidak suka. Mestinya sikap dan cara berpikir kita adalah ‘dengan semangat dan tekad yang baru, mari kita makin bersatu dan berikhtiar sekuat tenaga agar semua permasalahan bangsa di tahun 2021 ini dapat kita atasi’,” ujarnya.

SBY mengatakan bahwa ia hanya ingin menyampaikan pemikiran yang sederhana, yakni bagaimana kita bisa menggunakan peluang untuk memperbaiki kondisi dan situasi negara kita dari hempasan krisis kembar, yaitu pandemi Covid-19 dan krisis ekonomi saat ini.

“Barangkali pemikiran ini ada manfaatnya,” katanya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER