TNPB Bajak dan Bakar Pesawat MAF di Intan Jaya

Para korban selamat setelah tokoh gereja setempat membawa mereka ke tempat aman

Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TNPB) atau Prajurit Organisasi Papua Merdeka (OPM). (Istimewa)

MONITOR, Intan Jaya – Sekelompok orang diduga Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) menyerang pesawat Mission Aviation Fellowship (MAF) di Distrik Biandoga, Kabupaten Intan Jaya, Papua. 

Tujuh penumpang dan pilot dilaporkan selamat dalam insiden tersebut. Pesawat MAF jenis Twin Otter itu dibakar massa yang mengklaim bagian dari Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TNPB) pada Rabu (6/1/2021).

Aksi biadab itu berawal saat pesawat ditahan oleh massa saat hendak take off di Bandara Kampung Pagamba menuju Kabupaten Nabire. Mereka lalu menyerang pilot dan para penumpang.

Namun, para korban selamat setelah tokoh gereja setempat membawa mereka ke tempat aman. Tapi pesawat yang hendak mereka tumpangi ludes dilahap api.

Base Manager MAF Nabire, Paul Iswanto, membenarkan adanya kejadian pembakaran pesawat tersebut. Paul mengungkapkan bahwa pilot dan penumpang dalam keadaan selamat.

“Namun mereka masih trauma,” ungkapnya di Kabupaten Nabire, Papua, Kamis (7/1/2021).

Sementara itu, Wakapolres Nabire Kompol Samuel Tatiratu, menambahkan bahwa pihaknya masih menunggu laporan resmi dari anggota yang diterjunkan ke lokasi kejadian.