Tak Ingin Indonesia Lockdown, Jokowi Minta Anak Buahnya Kerja Keras

Presiden Jokowi memimpin rapat terbatas soal penanganan wabah corona dan vaksin COVID-19 bersama gubernur se-Indonesia dan menteri terkait.

MONITOR, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan menteri beserja jajarannya dan semua kepala daerah untuk kerja keras mengkampanyekan 3T (tracing, testing, treatment), dan 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak).

Hal tersebut dilakukannya atas kekhawatirannya terhadap penyebaran wabah Covid-19 yang belum tertangani dengan baik.

“Sejak beberapa hari terakhir, sejumlah negara di dunia mulai memberlakukan lockdown seiring kasus corona yang terus meningkat. Ini tak boleh terjadi di Indonesia,” ujar Jokowi saat memimpin rapat terbatas soal penanganan wabah corona dan vaksin COVID-19 bersama gubernur se-Indonesia dan menteri terkait. Dalam ratas tersebut, Jokowi kembali menekankan pentingnya protokol kesehatan oleh masyarakat.

Menurutnya sejak tiga hari yang lalu, Bangkok lockdown, Tokyo dinyatakan dalam keadaan darurat, London juga di-lockdown. Kemudian seluruh Inggris juga lockdown karena penyebaran COVID yang sangat eksponensial.

“Agar Indonesia tidak seperti negara-negara lain di dunia yang harus lockdown, maka kita harus betul-betul kerja keras, kerja mati-matian agar 3T, 3M itu betul-betul bisa kita lakukan di lapangan,” tegasnya.

Jokowi juga menyoroti motivasi masyarakat yang mulai tak disiplin protokol kesehatan. Ia mengaku menerima survei soal perilaku masyarakat ini.